Dark/Light Mode

Kalahkan Le Pen Di Pilpres Prancis

Macron Jadi Jawara, Pemimpin Eropa Lega

Selasa, 26 April 2022 08:05 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istri, Brigitte Macron merayakan kemenangan di Champ de Mars,
Paris, Prancis, 24 April 2022. (Foto AFP/Bertrand Guay)
Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istri, Brigitte Macron merayakan kemenangan di Champ de Mars, Paris, Prancis, 24 April 2022. (Foto AFP/Bertrand Guay)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenangan Emmanuel Macron dalam Pilpres Prancis putaran kedua, membuat para pemimpin Eropa bernapas lega. Mereka buru-buru mengucapkan selamat kepada Presiden termuda Negeri Menara Eiffel itu.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel, Perdana Menteri (PM) Belgia Alexander De Croo, dan PM Luxembourg Xavier Bettel, merupakan yang pertama mengucapkan selamat untuk Macron. Diikuti 27 pemimpin negara blok Uni Eropa (UE), setelah kemenangannya atas Marine Le Pen.

Baca juga : Pilpres Prancis Putaran Kedua, Macron Minta Rakyat Percaya Padanya

“Bravo Emmanuel,” cuit Michel di Twitter.

“Dalam periode yang bergejolak ini, kita membutuhkan Eropa yang solid dan Prancis yang benar-benar berkomitmen untuk Uni Eropa yang lebih berdaulat dan lebih strategis,” tulisnya lagi.

Baca juga : Capres Prancis: Embargo Minyak & Gas Rusia Sama Saja Hara Kiri Bagi Eropa

Setelah hasil pemungutan suara di Inggris, yang membuatnya keluar dari UE, menangnya Donald Trump di Amerika Serikat (AS) pada 2016, blok itu makin ketar-ketir dengan kemunculan Le Pen dengan gagasannya yang dinilai berpotensi memicu reformasi sosial dan ekonomi di UE.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.