Dark/Light Mode

Kalahkan Le Pen Di Pilpres Prancis

Macron Jadi Jawara, Pemimpin Eropa Lega

Selasa, 26 April 2022 08:05 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istri, Brigitte Macron merayakan kemenangan di Champ de Mars,
Paris, Prancis, 24 April 2022. (Foto AFP/Bertrand Guay)
Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istri, Brigitte Macron merayakan kemenangan di Champ de Mars, Paris, Prancis, 24 April 2022. (Foto AFP/Bertrand Guay)

 Sebelumnya 
Meski jajak pendapat mengunggulkan Macron, para pemimpin negara anggota blok tersebut, masih belum bisa tenang menunggu hasil pemilu. Kekhawatiran itu bisa dimaklumi. Pasalnya, Prancis, anggota pendiri UE, telah berupaya mengintegrasikan Eropa sejak akhir Perang Dunia II. Sedangkan Le Pen punya gagasan, meninggalkan blok tersebut.

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde, warga Prancis, menyambut kemenangan Macron yang pro-bisnis. “Kepemimpinan yang kuat sangat penting di masa-masa yang tidak pasti ini,” ucapnya.

Baca juga : Pilpres Prancis Putaran Kedua, Macron Minta Rakyat Percaya Padanya

Para pemimpin Swedia, Rumania, Lithuania, Finlandia, Belanda dan Yunani, serta Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, memberi selamat dalam waktu setengah jam setelah hasil pemungutan suara keluar.

“Saya berharap dapat melanjutkan kerja sama yang luas dan konstruktif di dalam UE dan NATO, dan lebih memperkuat hubungan yang sangat baik,” kata PM Belanda Mark Rutte.

Baca juga : Capres Prancis: Embargo Minyak & Gas Rusia Sama Saja Hara Kiri Bagi Eropa

Tak ketinggalan, Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner mengatakan, Eropa adalah pemenang terbesar. Sedangkan PM Italia Mario Draghi menyebut kemenangan Macron adalah berita bagus bagi Eropa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.