Dark/Light Mode

Orang Tertua Dunia Tutup Usia Pada 119 Tahun, Sempat Bagikan Rahasia Umur Panjang

Selasa, 26 April 2022 12:24 WIB
Kane Tanaka tersenyum saat perayaan ulang tahunnya yang ke 117 di Fukuoka, Jepang, 5 Januari 2020. (Foto Kyodo via Reuters)
Kane Tanaka tersenyum saat perayaan ulang tahunnya yang ke 117 di Fukuoka, Jepang, 5 Januari 2020. (Foto Kyodo via Reuters)

 Sebelumnya 
Dikarunia umur panjang, bukan berarti karena Tanaka tidak pernah sakit keras. Selama hidupnya, Kane sudah 2 kali mengidap penyakit kanker.

Kane pertama kali mengidap kanker pankreas di usia 45 tahun. Ia kemudian mengidap kanker kolorektal (usus besar) di usia 103 tahun. Beruntungnya, Kane berhasil menjalani operasi 2 kali hingga sembuh total dari kanker.

Baca juga : Sawah Di Padang Kekeringan, Kementan Sarankan Petani Ikut Asuransi Pertanian

Kane sempat mengungkapkan rahasia agar berumur panjang. "Makan enak dan belajar adalah rahasia bisa panjang umur," ungkap Kane kepada koran The Mainichi.

Kane juga punya pola hidup yang sehat seperti bangun jam 6 pagi hingga belajar matematika di siang hari. Selain itu, ia rajin bermain board game untuk melatih otaknya.

Baca juga : Markas Teroris Papua Dibombardir, Polda Papua Pastikan Tak Lakukan Penyerangan

Kane juga menjaga pola makan yang teratur. Ia rajin mengonsumsi cokelat hingga biji-bijian yang baik untuk kesehatan tubuhnya. Namun, rahasia utama, kata Kane adalah rasa optimistis dan bahagia. Hal itu meningkatkan mental Kane untuk hidup dengan umur panjang. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.