Dark/Light Mode

Sambut PM Jepang Di Istana Bogor, Presiden Jokowi Beberkan Kesepakatan Dengan Fumio Kishida

Jumat, 29 April 2022 22:30 WIB
Presiden Jokowi dan PM Jepang Fumio Kishida di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 29 April 2022. (Foto Tangkapan Layar)
Presiden Jokowi dan PM Jepang Fumio Kishida di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 29 April 2022. (Foto Tangkapan Layar)

 Sebelumnya 
Di sektor kelautan dan perikanan, Presiden menyambut baik partisipasi Jepang dalam pembangunan sentra kelautan dan perikanan di Natuna dan Biak yang telah selesai. Begitu juga komitmen Negeri Sakura itu dalam  pembangunan sentra-sentra serupa di Sabang, Moa, Saumlaki, dan Morotai.

Sementara di sektor energi dan lingkungan hidup, Jokowi mengharapkan percepatan tindak lanjut kerja sama transisi energi melalui investasi energi baru terbarukan (EBT). Seperti hidrogen, biomassa, dan metanol, serta finalisasi dan implementasi nota kesepahaman atau MoU kerja sama lingkungan hidup.

Baca juga : Seminggu Jelang Lebaran, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Dan LPG Aman

“Di sektor ketenagakerjaan, saya menekankan tentang potensi besar pekerja migran Indonesia untuk mengisi lowongan kerja di Jepang. Penguatan kerja sama pelatihan bagi calon pekerja migran Indonesia harus kita kerjakan bersama-sama,” pungkasnya.

Sementara itu, PM Fumio Kishida menyatakan kegembiraannya dapat kembali ke Indonesia setelah 2014. Saat itu, Kishida ke Indonesia sedang menjabat sebagai Menlu Jepang.

Baca juga : Presiden Jokowi Minta Menhub Buka Rute Penerbangan Jakarta-Sumenep

“Walaupun saat ini bulan Ramadan, Bapak Presiden Joko Widodo dan masyarakat Indonesia menyambut kami dengan kehangatan hati. Dalam kesempatan ini, saya ingin ucapkan terima kasih dari lubuk hati,” ujar Kishida.

PM Jepang menyampaikan, tahun depan merupakan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang serta 50 tahun persahabatan dan kerja sama Jepang-ASEAN.

Baca juga : Presiden Tiga Periode Bertentangan Dengan Konstitusi

“Kami menantikan untuk menyambut Bapak Presiden Joko Widodo di Jepang dalam rangka pertemuan khusus tingkat kepala negara untuk mengembangkan hubungan kedua negara serta Jepang-ASEAN lebih lanjut lagi,” tandas Kishida.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.