Dark/Light Mode

Dubes RI Di Kuala Lumpur Terima Pesepeda Ke Mekkah

Sabtu, 7 Mei 2022 19:24 WIB
Rombongan pesepeda jarak jauh asal Indonesia diterima Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono di Wisma Duta, Jumat siang (6/5). (Foto KBRI Kuala Lumpur)
Rombongan pesepeda jarak jauh asal Indonesia diterima Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono di Wisma Duta, Jumat siang (6/5). (Foto KBRI Kuala Lumpur)

 Sebelumnya 
Sepanjang perjalanan, ketiganya memperoleh tambahan pemasukan dengan menjual kaos-kaos bertuliskan “Muslim Youth Journey” dan memperoleh tempat bermalam di rumah-rumah warga setempat, termasuk saat Shalat Id di salah satu desa dekat kawasan kebun sawit di kota Ruam, Malaysia, selama tiga hari.

Ketiganya juga kerap berkomunikasi dengan komunitas sepeda internasional di negara setempat yang menjadi pusat informasi ketiganya untuk memperoleh referensi rute sepeda lintas negara, dengan titik-titik target perhentian yang telah ditentukan hingga Songkhla, Thailand.

Baca juga : Dubes RI Dewi Gustina Tobing Serahkan Obat-obatan Dan Alkes Ke Menkes Sri Lanka

Pengalaman yang tidak terlupakan bagi Andi yakni saat rak bekal bagian depan patah kelebihan beban hingga sepeda sempat terjungkal ke depan saat perjalanan ke Singapura dan beberapa kali ban bocor di Malaysia karena pecahan kaca dan kawat.

Pada acara silahturahmi di Wisma, Dubes Hermono menyampaikan dukungan dan semangat kepada ketiga pesepeda agar ketiganya dapat tiba di Mekkah dengan selamat dan menunaikan hajatnya naik haji pada Juli 2022 serta kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat bertemu keluarga.

Baca juga : Yang Sungkeman Di Kampung Tetap Pake Masker Ya…

Dubes Hermono juga mengingatkan agar ketiga pesepeda juga menjalin komunikasi dengan KBRI/KJRI guna mempersiapkan bekal informasi yang cukup mengenai kebijakan protokol kesehatan Covid-19 negara setempat. Ia juga meminta mereka mempelajari dengan seksama aturan-aturan masuk keimigrasian negara yang akan dituju.

Ketiganya mampu menempuh paling jauh 120 km per hari, dengan berat beban bekal di sepeda mencapai 40-50 kg, sebelum memutuskan istirahat di rumah warga atau membangun tenda.

Baca juga : Dubes Swedia Marina Berg, Resmikan Pembukaan Gerai Ke 6 IKEA

Selama Ramadan, ketiganya memilih waktu di malam hari bersepeda dan beristirahat di siang hari. Rencananya pada 8 Mei 2022, ketiganya akan melanjutkan perjalanan menuju Thailand melalui rute Bukit Kayu Hitam, Kedah menuju ke kota Songkhla, Thailand. Rute berikutnya adalah Thailand, Myanmar, India, Pakistan, Iran, Uni Emirat Arab, Arab Saudi.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.