Dark/Light Mode

Dubes Arab Saudi Silaturahmi Ke Wapres, Puji Jemaah Haji

Senin, 13 Juni 2022 07:10 WIB
Duta Besar Arab Saudi Essam bin Abed Al Thaqafi bersama  Wapres Ma`ruf Amin di kantor Wakil Presiden, Kamis, 9 Juni 2022.(Dok Kedubes Arab Saudi)
Duta Besar Arab Saudi Essam bin Abed Al Thaqafi bersama Wapres Ma`ruf Amin di kantor Wakil Presiden, Kamis, 9 Juni 2022.(Dok Kedubes Arab Saudi)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut Essam mengatakan, Pemerintah Saudi akan bekerja keras untuk memastikan setiap jemaah mendapat pelayanan terbaik.

Haji tahun ini merupakan yang pertama yang diikuti jemaah dari luar negeri sejak pandemi Covid-19. Pada 2020 dan 2021, Saudi menggelar haji hanya bagi mereka yang tinggal di dalam negeri, termasuk ekspatriat. Pelaksanaan haji pada 2020 pun dibatasi, tak lebih dari 10.000 orang.

Baca juga : Sinergi Amankan Obvitnas, PHE OSES Silaturahmi Ke Polda Banten

Tahun berikutnya, kuota hanya 60.000 orang. Sedangkan tahun ini, haji dibuka untuk 1 juta orang lebih. Jemaah dari luar negeri harus memenuhi syarat. Seperti mendapatkan vaksin penuh dan berusia antara 18-65 tahun. Namun jumlah itu masih jauh lebih kecil dibandingkan pelaksanaan haji pada 2019. Saat itu, Saudi memberi kuota hingga 2,5 juta jemaah.

Demi meningkatkan pelayanan, pekan lalu Saudi meluncurkan Inisiatif Rute Makkah. Yaitu salah satu inisiatif dari Pilgrim Experience Program berada di bawah Visi Kerajaan 2030.

Baca juga : Kasus Covid Di Arab Saudi Naik, Puan: Pelayanan Kesehatan Jemaah Haji Harus Terjamin

Inisiatif tersebut bertujuan melengkapi prosedur perjalanan jemaah haji. Layanan yang diberikan mulai dari penerbitan visa secara elektronik, pengumpulan biometrik. Serta prosedur masuk di bandara Saudi, setelah memastikan jemaah memenuhi semua persyaratan kesehatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.