Dark/Light Mode

Wow, Kakek 83 Tahun Sendirian Arungi Pasifik

Selasa, 14 Juni 2022 09:09 WIB
Kenichi Horie di kapal yang membawanya mengarungi
Pasifik seorang diri. (Foto Kyodo News Via AP)
Kenichi Horie di kapal yang membawanya mengarungi Pasifik seorang diri. (Foto Kyodo News Via AP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kenichi Horie (83) akhirnya tiba di rumahnya, di Jepang, pekan lalu. Dia baru saja berhasil menyelesaikan pelayaran solo tanpa henti, melintasi Samudra Pasifik.

Kakek asal Jepang itu jadi orang tertua yang pernah melakukannya. Mengutip Associated Press kemarin, Horie tiba di Selat Kii, lepas pantai barat Jepang, setelah menyelesaikan pelayaran trans-Pasifik dalam waktu 69 hari.

Kenichi Hories meninggalkan pelabuhan San Francisco, Amerika Serikat, 26 Maret 2022. (Foto Ist Via CNN)

Baca juga : 23 Tahun, Gadis Inggris Ini Cuma Makan Keripik

Horie meninggalkan pelabuhan kapal pesiar di San Francisco, Amerika Serikat (AS) pada Maret lalu. Pada 1962, Horie juga jadi orang pertama yang melakukan pelayaran solo melintasi Pasifik, bertolak dari AS ke Jepang. Kali ini, dia mengambil rute sebaliknya.

“Saya baru saja melewati garis finish. Saya lelah,” tulis Horie di blog pribadinya.

Kenichi Horie ketika usia 23 tahun, melakukan pelayaran dari Jepang ke San Francisco, Amerika Serikat, Mei 1962. (Foto AP/Hideyuki Minashi)

Baca juga : Walkot Nonaktif Bekasi Rahmat Effendi Segera Jalani Persidangan

Selain melintasi Pasifik, Horie juga tercatat telah melakukan pelayaran solo jarak jauh lainnya, yakni berlayar keliling dunia pada 1974. Ekspedisi terakhirnya ini adalah perlayaran solo pertama setelah berlayar nonstop pada 2008 dengan kapal bertenaga ombak dari Hawaii ke Selat Kii. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.