Dark/Light Mode

Anies Baswedan, Andika Perkasa, Ganjar Pranowo

Minggu, 19 Juni 2022 07:59 WIB
Prof. Tjipta Lesmana
Prof. Tjipta Lesmana

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapat Kerja Nasional Partai NasDem yang berakhir Jumat malam yang baru lalu menghasilkan tiga nama Calon Presiden 2024 yang dibacakan Surya Paloh, Ketua Umum NasDem. Ketiga nama itu berdasarkan pilihan secara musyawarah dan mufakat Pengurus 34 Dewan Pengurus Wilayah (DPW) di seluruh Indonesia.

Raker yang berlangsung 4 hari betul-betul gegap-gempita, dihadiri oleh puluhan ribu kader NasDem. Paloh seolah hendak menunjukkan ke rakyat Indonesia, betapa hebatnya Partai NasDem. Setidak-tidaknya, jangan anggap remeh partai politik yang berusia 11 tahun ini dalam kancah politik, khususnya mendekati Pemilu 2024.

Baca juga : HTI, Khilafah Dan Pancasila

Dari 3 nama itu, Surya Paloh selaku Ketua Umum NasDem akan “peras” lagi menjadi 1 nama saja yang akan bertanding dalam perhelatan politik akbar pada 2024. Kapan Ketum NasDem akan umumkan satu nama tunggal itu? Hanya Paloh yang tahu.

Selaku Ketua Umum, Paloh bahkan dikabarkan memiliki hak prerogatif untuk memveto ketiga nama itu dan menetapkan satu nama lain berdasarkan “dinamika politik” saat itu.

Baca juga : Antara Subsidi Pertalite Dan Pupuk

Hal ini mungkin mirip-mirip terjadi ketika Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menggelar Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat pada Agustus 2013. Cukup banyak politisi yang antusias mengikuti Konvensi itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.