Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mau Damaikan Rusia-Ukraina

Jokowi Menuai Pujian

Jumat, 24 Juni 2022 07:50 WIB
Pengamat militer dan keamanan Susaningtyas Kertopati. (Foto: Istimewa)
Pengamat militer dan keamanan Susaningtyas Kertopati. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Jadi, efek dominonya yang paling penting adalah harga pangan impor naik diikuti kenaikan barang-barang lokal plus biaya logistik melonjak, plus harga BBM menanti subsidi yang lebih besar,” terangnya.

Dengan mempelajari hal itu, lanjutnya, Indonesia pun dapat merumuskan konsep perdamaian yang akan diwujudkan.

Baca juga : Paspampres Siapkan Senjata Laras Panjang Lindungi Jokowi di Ukraina

“Kita jangan sampai meleset memprediksi siapa yang memenangkan perang tersebut. Sejarah menunjukkan bahwa kekuatan superior seperti Rusia ternyata kalah di Afghanistan. Amerika Serikat juga kalah di Vietnam dan Afghanistan,” terang Nuning.

Dengan demikian, tambah Nuning, ada beberapa skenario yang dapat ditempuh dunia internasional untuk mengakhiri perang. Pertama, gencatan senjata dan turun tangannya PBB. Kedua, NATO mengerahkan kekuatan penuh mengalahkan Rusia dan memukul Rusia di wilayahnya sendiri. Ketiga, Ukraina menang perang berlarut.

Baca juga : Kasih Pendidikan Politik Buat Masyarakat, Relawan Jokowi Gelar Diskusi Publik Secara Simultan

Yang patut diwaspadai Pemerintah adalah dampak perang bagi perekonomian Indonesia. Sejumlah langkah strategis harus disiapkan secara matang mengantisipasi kemungkinan terburuk bagi kondisi sosial-politik di Indonesia.

“Jadi, efek dominonya yang paling penting adalah harga pangan impor naik diikuti kenaikan barang lokal, biaya logistik melonjak, harga BBM menanti subsidi yang lebih besar, lonjakan harga minyak tak dapat dihindari,” imbuhnya.

Baca juga : Damaikan Rusia-Ukraina, Jokowi Disarankan Pelajari 3 Hal Ini

Nuning juga berpesan, keselamatan Presiden Jokowi selama kunjungan ke Rusia dan Ukraina harus dijaga dengan baik. “Karena bisa saja ada pihak yang tak suka dengan upaya perdamaian ini,” tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.