Dark/Light Mode

Terduga Pelaku Sudah Ditangkap

Penembakan Brutal Di Tengah Parade HUT Kemerdekaan AS, 6 Tewas, 26 Luka-luka

Selasa, 5 Juli 2022 08:21 WIB
Lokasi penembakan di Highland Park Illinois, AS, Senin (4/7). (Foto: EPA-EFE via CNN International)
Lokasi penembakan di Highland Park Illinois, AS, Senin (4/7). (Foto: EPA-EFE via CNN International)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sedikitnya enam orang tewas dan 26 terluka dalam aksi penembakan di tengah parade HUT Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) 4 Juli di Highland Park, Illinois. Jaraknya, sekitar 25 mil dari arah utara pusat kota Chicago.

Gun Violence Archives, organisasi nirlaba yang mengarsipkan peristiwa kekerasan dengan senjata api di AS melaporkan, insiden tersebut adalah penembakan massal ke-308 di AS tahun ini.

Baca juga : Denmark Mencekam

Petugas Lake County Jennifer Banek menyebut, lima orang yang tewas dalam penembakan itu meninggal di tempat. Satu orang, wafat setelah dibawa ke rumah sakit setempat.

Sementara Dr. AS Brigham Temple dari NorthShore University Health System mengatakan, total 26 orang dilarikan ke rumah sakit. Sedikitnya 19 orang dirawat dan diperbolehkan pulang. Seluruh korban berusia 8-85 tahun, dan sedikitnya ada empat anak-anak. 

Baca juga : Wilayah Selatan Iran Diguncang Serangkaian Gempa, 5 Tewas, 44 Luka-luka

Dalam keterangannya, Sersan Chris Covelli, dari Satuan Tugas Kejahatan Besar Lake County mengatakan, tersangka penembakan diyakini naik ke atap gedung, dengan menggunakan tangga di sebuah gang. Salah satu indikatornya, sebuah senapan ditemukan di atap bangunan tersebut.

"Akses ke atap melalui tangga di gang tidak aman," katanya, Senin (4/7) seperti dikutip CNN International.

Baca juga : Garudafood Raih Penghargaan Penerapan SMK3 Dan Penghargaan Kecelakaan Nihil

Perkembangan terakhir, polisi telah menangkap seorang pria eksentrik bernama Robert E Crimo III (22), yang diduga menjadi pelaku penembakan brutal ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.