Dark/Light Mode

Liputan Rakyat Merdeka Dari Malaysia

Putrajaya Sepi Tapi Aman, Bisa Ditiru IKN Nusantara

Rabu, 6 Juli 2022 08:05 WIB
Orang dewasa hingga anak-anak bermain di taman-taman di kawasan Putrajaya, Malaysia, menjelang tengah malam. (Foto Paul Yoanda/RM)
Orang dewasa hingga anak-anak bermain di taman-taman di kawasan Putrajaya, Malaysia, menjelang tengah malam. (Foto Paul Yoanda/RM)

 Sebelumnya 
Suasana sepi di Putrajaya, hampir terasa di sepanjang hari. Apalagi di malam hari. Meski sepi, Putrajaya sangat aman. Angka kriminalitas sangat rendah. Bahkan nyaris nol.

Baca juga : PMI Wanita Difasilitasi Rumah Khusus, Keamanan Terjamin

Warga bisa leluasa melakukan perjalanan hingga tengah malam dan dinihari tanpa takut akan jadi korban tindak kejahatan. Pemandangan itu kerap ditemui selama program ISWAMI 2022. Yang mana hingga menjelang pukul 12 tengah malam, keluarga dan anak-anak masih bermain dengan santai di taman-taman kota.

Baca juga : Ganda Putra Tetap Optimistis

Soal keamanan, Putrajaya memang punya cara tersendiri. Shamshul membeberkan rahasianya. Menurutnya, hampir di setiap sudut kota sudah terpasang kamera pemantau (CCTV) yang jumlahnya mencapai 400 unit.

Baca juga : UU Pastikan Presiden Selanjutnya Lanjutkan Pembangunan IKN Nusantara

Selain itu, polisi juga terus memantau 400 CCTV itu. “Kami juga menyediakan panic button,” tutup Shamshul. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.