Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kunjungi Jakarta

Presiden Timor Leste Ramos Horta Kenang Naik Becak

Selasa, 19 Juli 2022 20:06 WIB
Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan resmi Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos-Horta, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 19 Juli 2022. Foto BPMI Setpres/Lukas
Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan resmi Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos-Horta, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 19 Juli 2022. Foto BPMI Setpres/Lukas

 Sebelumnya 
Horta bercerita, telah berkali-kali berkunjung ke Jakarta. Namun, yang paling spesial adalah yang pertama. Sekitar tahun 1974. Kata dia, saat itu hanya tiga hotel besar di Indonesia. Hotel Indonesia, Kartika Plaza, dan Kartika Chandra.

Tapi, saat itu dia tidak menginap di hotel-hotel tersebut. Dia menginap di losmen. Jika ingin mengunjungi satu tempat dia naik becak. Di tahun itu, becak memang masih jadi salah satu alat transportasi yang sangat umum terlihat di Jakarta. "Saya berkeliling menggunakan becak," kisahnya.

Berita Terkait : Kejagung Tetapkan Eks Dirut Krakatau Steel Tersangka Korupsi Pembangunan Pabrik BFC

Masih dalam kunjungan pertama itu, kata Horta, dirinya bertemu dengan Menlu Adam Malik. Di Ruang Oval itu juga, Horta menyampaikan kekagumannya pada Bung Karno, Proklamator dan Presiden pertama Indonesia.

"Salah satu buku pertama yang saya baca terkait Indonesia adalah yang ditulis Bung Karno, saya penggemar berat beliau,” tambahnya.

Berita Terkait : Final Piala Presiden, Ini Rekor Pertemuan Arema FC Vs Borneo

Penguatan kerja sama ekonomi menjadi isu utama yang dibahas Jokowi dan Horta. Dalam keterangan pers bersama, Jokowi menyebut, kedua negara sepakat untuk mendongkrak valuasi perdagangan di masa mendatang.

Kunjungan ke Indonesia merupakan lawatan pertama Horta ke luar negeri setelah dilantik sebagai Presiden Timor Leste untuk kedua kalinya pada 19 Mei lalu. Dia juga pernah menjadi Presiden Timor Leste pada periode 2007-2012.

Berita Terkait : Presiden Sri Lanka Gagal Kabur Ke Dubai

Selain bertemu Presiden Jokowi, selama di Jakarta, Horta juga bertemu Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Selanjutnya, Horta mengunjungi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan Pengurus Pusat Muhammadiyah dan melakukan wawancara di stasiun teve. Horta juga akan berbicara dalam kuliah umum di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.***