Dark/Light Mode

Inggris Mencari PM Baru

Rishi Sunak Teratas, Kemi Badenoch Terdepak

Selasa, 19 Juli 2022 22:20 WIB
Mantan Menkeu Inggris Rishi Sunak (Foto: Instagram)
Mantan Menkeu Inggris Rishi Sunak (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak kembali meraup suara terbanyak dalam pemilihan anggota parlemen Partai Konservatif, untuk memilih Perdana Menteri Inggris yang baru. Menggantikan Boris Johnson

AFP melaporkan, Sunak unggul dengan 118 suara, diikuti mantan Menteri Pertahanan Penny Mordaunt 92 dan Menteri Luar Negeri Liz Truss 86.

Baca juga : Perketat Prokes, Genjot Vaksinasi

Sementara mantan Menteri Kesetaraan Kemi Badenoch, terdepak dari kontestasi, karena hanya mendulang 59 suara. 

Tiga nama yang tersisa - Sunak, Mordaunt, dan Truss - akan dikerucutkan lagi menjadi dua nama. Pemenangnya akan ditentukan oleh anggota partai.

Baca juga : Rishi Sunak Menangkan Voting Putaran Pertama, Zahawi Dan Hunt Tereliminasi

Seperti diketahui, Boris Johnson telah menyatakan mundur dari jabatan Ketua Partai Konservatif pada 7 Juli, menyusul resign massal puluhan menteri pasca berbagai skandal yang membelit pemerintahannya. 

Antara lain informasi palsu tentang tuduhan pelecehan seksual di masa lalu, yang menyeret nama anggota parlemen dari Partai Konservatif, Christopher Pincher. Serta partygate alias skandal pesta di tengah lockdown yang digelar di Downing Street dan kantor-kantor pemerintah lainnya. 

Baca juga : Hoegeng Awards, Kapolri Buka Ruang Kritik Untuk Terus Lakukan Perbaikan

Boris Johnson tetap menjabat sebagai perdana menteri, sampai penggantinya diumumkan pada 5 September mendatang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.