Dark/Light Mode

Listrik Nyala Sehabis Mati Lampu 5 Jam, Warga Manhattan Bersorak Lega

Minggu, 14 Juli 2019 12:25 WIB
Mobil pemadam melaju usai listrik di kawasan Manhattan kembali nyala, Sabtu (13/7) malam. (Foto: Reuters)
Mobil pemadam melaju usai listrik di kawasan Manhattan kembali nyala, Sabtu (13/7) malam. (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagian besar kawasan di Manhattan, New York, Amerika Serikat, diselimuti kegelapan saat aliran listrik terputus pukul 18.47 waktu setempat, Sabtu (13/7). Akibatnya seluruh lampu lalu lintas, pertokoan, Teater Broadway, layanan kereta bawah tanah hingga lift di bangunan bertingkat lumpuh.

Meski aliran listrik berhasil pulih sebelum tengah malam, warga Manhattan sempat khawatir insiden rusuh pada 1977 kembali terjadi di kawasan mereka. Teriakan lega dan tepuk tangan warga Manhattan terdengar, saat aliran listrik perlahan mulai kembali di kawasan antara West 42nd street dan West 72nd Street. "Puji Tuhan! Ayo masuk," teriak  warga yang sengaja duduk di luar rumah mereka saat mati lampu, girang.

Baca juga : Carrie Lam Nyatakan RUU Ekstradisi Mati, Warga Hong Kong Tetap Tak Percaya

Menurut Perusahaan Listrik Con Edison, ada sekitar 43 ribu pelanggan kehilangan listrik sejak sore hari. Apa penyebabnya, masih diselidiki. Pihak Con Edison mengaku tidak ada masalah kelebihan beban pada generator mereka.

"Saya terbang mengamati seberapa luas pemadaman listrik. Saya melihat proses mengalirnya kembali listrik yang mati selama lima jam," jelas Gubernur New York Andrew Cuomo.

Baca juga : Biar Sehat, Lebaran Jangan Cuma Makan Daging, Sayuran Juga

Saksi mata semlat mengatakan mendengar ledakan di kawasan Upper West Side pada pukul 19.00 waktu setempat, tak lama setelah mati lampu terjadi. Pihak pemadam kebakaran New York telah memastikan tak ada insiden besar terjadi setelahnya.

Suasana di sepanjang Times Square ramai dengan warga dan turis yang lalu lalang. Para penonton Broadway terpaksa menunggu di luar gedung, karena teater yang gelap tanpa aliran listrik.

Baca juga : 20Ribu Jamaah Masjid Moskow Berdoa Untuk Palestina

Sebagai bentuk kompensasi, para pemain 'Come From Away' di Broadway memberikan pertunjukkan di depan pintu teater. Sementara Staf Broadway lainnya, memberikan pertunjukan cuma-cuma di luar pintu Broadway.

Arus lalu lintas di sekitar Times Square juga kacau akibat matinya lamlu lalu lintas. Warga berinisiatif membawa tongkat senter, dan memberikan arahan untuk mengurai kemacetan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.