Dark/Light Mode

Isu Donasi Politik Rp 8,7 M

Mahathir Dituding Korupsi

Rabu, 27 Juli 2022 08:05 WIB
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. (REUTERS/Athit Perawongmetha)

 Sebelumnya 
David mengatakan, dana itu dibayarkan melalui keponakan laki-laki Mahathir, Rahmat Abu Bakar, dengan kode ‘Kedahan’ digunakan.

Saat ditanya pengacara Zahid Hamidi lebih lanjut, apakah dana 2,6 juta Ringgit diberikan ke Rahmat untuk diberikan kepada Mahathir sebagai dana politik, David Tan menjawab: “Itu benar.”

Baca juga : Safari Politik Puan Maharani Bentuk Persiapan Jadi Capres 2024

Lebih lanjut saksi mengatakan, penyerahan uang juga dilakukan kepada para menteri, politisi, dan pegawai Pemerintah. Dia mengklaim, telah mendokumentasikan pengeluaran itu dalam buku besar antara 2014 dan 2018. Catatan itu tersimpan dalam file spreadsheet di laptopnya.

Disebutkan David Tan, kontribusi itu untuk Mahathir dan Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu), yang ikut didirikan Mahathir pada 2016, setelah dia keluar dari UMNO. Mahathir menjabat Ketua Partai Bersatu periode 2016 hingga Februari 2020.

Baca juga : Panasonic Gobel Donasi Produk Elektronik Untuk Masyarakat Labuan Bajo

Mahathir memimpin koalisi Pakatan Harapan saat menang Pemilu 2018 dan kembali menjabat PM Malaysia. Disebutkan David Tan dalam kesaksiannya, seperti dilansir Malay Mail, dua pembayaran, masing-masing sebesar 1,3 juta Ringgit, diberikan setelah pemilu 2018, tepatnya pada Agustus dan September 2018.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.