Dark/Light Mode

Gandeng JNTO, Singapore Airlines Dongkrak Pariwisata Jepang

Jumat, 19 Juli 2019 05:33 WIB
Dari kiri ke kanan: Pramugari SIASayuri Kawase, Reiko Fujita, Executive Director Overseas Promotion Department JNTO Akira Ninagawa, EVP JNTO Campbell Wilson, SVP Sales & Marketing SIA Ranjan Jha, Senior Manager Brand & Marketing SIA Mandy Ng, dan Pramugari Singapore Airlines. (Foto: Istimewa)
Dari kiri ke kanan: Pramugari SIASayuri Kawase, Reiko Fujita, Executive Director Overseas Promotion Department JNTO Akira Ninagawa, EVP JNTO Campbell Wilson, SVP Sales & Marketing SIA Ranjan Jha, Senior Manager Brand & Marketing SIA Mandy Ng, dan Pramugari Singapore Airlines. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Japan National Tourism Organization (JNTO) dan Singapore Airlines (SIA) menandatangani Memorandum of Cooperation (MOC) untuk meningkatkan kerja sama dalam promosi perjalanan dan pariwisata menuju Jepang, dari lima pasar utama.

Sebagai bagian dari kerja sama ini, JNTO dan SIA akan melakukan investasi yang signifikan untuk meningkatkan kegiatan pemasaran, mempromosikan pariwisata menuju Jepang dari Singapura, Australia, India, Indonesia dan Malaysia.

Pasar-pasar ini dipilih oleh JNTO dan SIA, mengingat tingginya jumlah wisatawan dari negara-negara tersebut, yang terbang ke Jepang pada tahun 2018. Melalui MOC ini, JNTO dan SIA juga akan bekerja sama dalam kegiatan promosi gabungan, untuk membantu Jepang mencapai target menyambut 40 juta wisatawan asing pada tahun 2020.

Baca juga : Gandeng Mitra Strategis, BI Siap Akselerasi UMKM di Pasar Global

Ini merupakan kerja sama pertama JNTO dengan sebuah maskapai penerbangan. Jumlah wisatawan menuju Jepang dari Singapura meningkat 2,3 kali lipat dalam lima tahun terakhir. Pada tahun 2018, jumlah wisatawan dari Singapura meningkat 8,2 persen dibanding tahun sebelumnya, menjadi 437.280 orang.

Hal ini terjadi karena adanya lonjakan jumlah wisatawan menuju Jepang dari India sebesar 14,7 persen, dari Australia 11,6 persen, dari Malaysia 6,5 persen, dan dari Indonesia 12,7 persen dibanding tahun sebelumnya.

SIA saat ini mengoperasikan 77 penerbangan mingguan menuju empat kota di Jepang, yaitu Tokyo (Bandara Haneda dan Narita), Nagoya, Osaka, dan Fukuoka.

Baca juga : ASDP Genjot Pariwisata

Anak perusahaan regional, SilkAir mengoperasikan tiga layanan mingguan ke Hiroshima. Sedangkan maskapai berbiaya rendah Singapore Airlines, Scoot, mengoperasikan 37 layanan mingguan ke Sapporo, Narita Tokyo, dan Osaka. Oleh karena itu, SIA Group mengoperasikan 117 layanan mingguan gabungan antara Singapura dan Jepang.

“Jepang merupakan destinasi yang menyenangkan, baik untuk wisatawan bisnis maupun rekreasi. Melalui kemitraan ini, kami berharap dapat bekerja lebih dekat dengan JNTO, untuk mendukung pertumbuhan perjalanan menuju Jepang lebih jauh lagi,” ungkap Campbell Wilson, Senior Vice President Sales & Marketing Singapore Airlines.

“Lalu lintas penumpang masuk dari Asia Tenggara beserta wilayah sekitarnya telah tumbuh secara stabil. Wilayah-wilayah ini adalah pasar yang penting bagi Jepang. Kami berharap, kerja sama dengan SIA ini dapat menyambut lebih banyak lagi pengunjung menuju Jepang. Tak hanya dari Singapura, tetapi juga dari seluruh Asia Tenggara dan wilayah lainnya. Termasuk, yang transit di Singapura,” tutur Akira Ninagawa, Executive Vice President JNTO. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.