Dark/Light Mode

Salip Jokowi, Menteri Susi dan Habibie Jadi Sosok Paling Dikagumi di Indonesia

Jumat, 19 Juli 2019 19:27 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Presiden RI ke-3 BJ Habibie (Foto: Istimewa)
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Presiden RI ke-3 BJ Habibie (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Presiden Indonesia ketiga BJ Habibie menjadi sosok paling dikagumi di Indonesia. Demikian hasil survei yang dilakukan lembaga survei Inggris, YouGov.

Pada Desember 2018, YouGov mengumpulkan nominasi terbuka dari panelis di 41 negara dan bertanya kepada mereka: "Coba pikirkan tentang orang-orang yang hidup di dunia saat ini, siapa perempuan atau lelaki yang paling anda kagumi?"

Baca juga : Asing Tak Boleh Intervensi Kedaulatan Hukum Indonesia

Nominasi ini kemudian digunakan untuk menyusun suatu daftar nama yang terdiri dari 20 laki-laki dan 20 perempuan yang menerima nominasi terbanyak, dan dinominasikan di empat negara. Survei ini memotret orang-orang yang paling dikagumi di dunia, salah satunya dari Indonesia.

Hasilnya, seperti dikutip dari Kantor Berita DW, Jumat (19/7), Menteri Susi Pudjiastuti mencatat skor kekaguman sebesar 16,41 persen. Kepopuleran Susi mengalahkan jurnalis Najwa Shihab dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan juga penyanyi Agnes Monica. Najwa berada di urutan kedua dengan skor kekaguman sebesar 13,26 persen. Sedangkan Sri Mulyani ada di posisi ketiga, dan mengantungi skor kekaguman sebesar 11,52 persen.

Baca juga : Dekuweh Jadi Langganan Pejabat

Tokoh perempuan lain yang juga dikagumi oleh publik di Indonesia adalah Agnes Monica, Oprah Winfrey, Taylor Swift, Ratu Elizabeth II, Angelina Jolie, dan Emma Watson. Sementara itu, untuk sosok pria yang paling dikagumi, tercatat nama BJ Habibie dengan skor kekaguman 15,19 persen.

Di posisi kedua, ada Presiden Jokowi dengan skor 14,12 persen, dan di bawahnya ada Ustaz Abdul Somad yang mengantongi skor 8,06 persen. Tokoh laki-laki lainnya yang juga dikagumi responden di Indonesia adalah Bill Gates, Christiano Ronaldo, Jack Ma, Basuki Tjahaja Purnama, Jackie Chan, dan Barack Obama. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.