Dark/Light Mode

Tahun Depan Rayakan HUT Ke-50 Persahabatan, Ini Momen Penting Hubungan RI-Korsel

Selasa, 30 Agustus 2022 08:10 WIB
Presiden Jokowi (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Korsel Yoon Suk-yeol di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul, 28 Juli 2022. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Korsel Yoon Suk-yeol di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul, 28 Juli 2022. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

 Sebelumnya 
Korsel

- Presiden Roh Moo-hyun (Desember 2006)

- Presiden Lee Myeong-bak (Maret 2009, Desember 2010, November 2011, November 2012)

- Presiden Park Geun-hae (Oktober 2013)

Baca juga : Perusahaan Apeng Lawan Penyitaan Kebun Sawitnya

- Presiden Moon Jae-in (November 2017)

5. Pertemuan 2+2 Pejabat Senior Kementerian Luar Negeri dan Pertahanan Korea-Indonesia

Pertemuan yang digelar pada Agustus 2021 ini, merupakan tindak lanjut dari rencana aksi pelaksanaan Kemitraan Strategis Khusus di bidang politik, ekonomi, industri pertahanan dan pertahanan.

Pertemuan ini juga menjadi ajang saling bertukar pandangan tentang situasi regional di kawasan Indo-Pasifik.

Baca juga : Meriahkan HUT RI Ke-77, Olsera Dan iMin Hadirkan Paket POS Dan Promo Menarik

6. Kerja Sama Pertahanan

Indonesia adalah salah satu importir terbesar senjata untuk Korsel. Terutama, untuk Angkatan Laut. Selain itu, Indonesia juga tercatat menerima hibah korvet Angkatan Laut kelas Pohang dari Korsel.

Dalam kerja sama pertahanan dengan Korsel, Indonesia juga menjalani Latihan Militer Cobra Gold bersama Thailand, Indonesia, AS, Jepang, Singapura, Malaysia, China, dan India.

7. Kerja Sama Maritim

Baca juga : Dubes Manoj Kumar Bharti Rayakan Hari Kemerdekaan India Dengan Meriah

Indonesia dan Korsel menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) terkait kerja sama maritim pada tahun 2016, dan merevisinya pada Juli 2022.

Selain itu, kedua negara juga meneken kerja sama peningkatan kapasitas pencegahan dan pengelolaan sampah laut, dalam periode 2021-2023. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.