Dark/Light Mode

Indonesia Negara Yang Pertama Dikunjungi Usai Dilantik

Presiden Filipina Sowan Ke Jokowi Di Istana Bogor

Selasa, 6 September 2022 08:05 WIB
Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr dan Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 5 September 2022. (Foto Tangkapan Layar)
Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr dan Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 5 September 2022. (Foto Tangkapan Layar)

 Sebelumnya 
Dalam pertemuan bilateral, Marcos mengatakan, Indonesia adalah negara yang penting untuk dikunjungi pertama kali. Selain kedekatan geografis, kata Marcos, kedua negara dekat dalam budaya juga etnis.

“Hal ini akan turut menguatkan kemitraan antara kedua negara,” ujarnya.

Baca juga : Pemda Kini Dapat Hapus Pajak Progresif Kendaraan Bermotor Dan BBN 2

Secara khusus, Marcos berterima kasih atas sambutan Pemerintah Indonesia dan Jokowi. Meski baru pertama ke Jakarta, katanya, dia merasa seperti berada di rumah sendiri.

Marcos menambahkan, dua tahun lagi, Indonesia-Filipina akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik. Namun, hubungan kedua negara sebenarnya sudah terjadi jauh sebelum itu.

Baca juga : Linde Indonesia Teken Persetujuan Pasokan Gas Ke Freeport

Lebih lanjut, Marcos juga berbicara mengenai peran ASEAN dalam menghadapi kesulitan di tengah gejolak geopolitik. Dia dan Jokowi sepakat bahwa ASEAN akan menjadi agen utama perubahan.

“Untuk terus membawa perdamaian ke negara kita,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.