Dark/Light Mode

Di Tengah Ketegangan Perang Rusia Vs Ukraina

Xi Jinping-Olaf Scholz Akhirnya Kopi Darat

Sabtu, 5 November 2022 07:05 WIB
Kanselir Jerman Olaf Scholz (kiri) dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Beijing, China, Jumat, 4 November 2022. (Foto AFP)
Kanselir Jerman Olaf Scholz (kiri) dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Beijing, China, Jumat, 4 November 2022. (Foto AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden China Xi Jinping, akhirnya kopi darat di Balai Besar Rakyat, Beijing, kemarin. Mereka berharap, kerja sama China-Jerman akan semakin erat pasca pertemuan ini.

Pertemuan Scholz dan Xi di jantung kota Beijing itu, merupakan yang pertama kali sejak Kanselir Jerman itu menjabat. Pertemuan tersebut berlangsung di saat situasi dunia sedang bergejolak. Yaitu, perang Rusia Vs Ukraina yang masih berkecamuk.

Baca juga : Bamsoet Dorong Penghentian Perang Rusia-Ukraina Secara Damai

“Situasi internasional saat ini sangat kompleks dan tidak stabil. Sebagai negara besar yang memiliki pengaruh, China dan Jerman harus lebih bekerja sama, demi perdamaian dunia,” kata Xi dikutip CCTV, media Pemerintah China.

Sementara Scholz mengatakan pada Xi, adalah hal baik keduanya bertemu langsung (face to face) di tengah ketegangan kon­flik Rusia-Ukraina.

Baca juga : Jokowi Dan Xi Jinping Mau Jajal Kereta Cepat

“Invasi Rusia ke Ukraina memicu masalah tatanan global,” kata Scholz, dikutip Reuters yang ikut delegasi Jerman ke Beijing.

Pengganti Kanselir Angela Merkel itu juga mengatakan, keduanya membahas isu-isu yang berkaitan dengan hubungan Eropa-China, perjuangan melawan perubahan iklim dan kelaparan global, dan bagaimana mengembangkan hubungan ekonomi China-Jerman. Serta membahas topik yang mana kedua negara memiliki perspektif yang berbeda.

Baca juga : Alhamdulillah, Kita Selamat

Kedua pemimpin itu, kemudian, makan siang di Golden Room Balai Besar Rakyat. Tempat itu kerap menjadi lokasi untuk menjamu kepala negara sahabat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.