Dark/Light Mode

Kisahnya Viral, Lansia China Ini Menikah Di Usia 94, Setelah 70 Tahun Berpisah

Senin, 7 November 2022 15:45 WIB
Xu dan Cao, kedua lansia China ini akhirnya menikah di usia 94, setelah 70 tahun berpisah. (Foto: China Daily via The Straits Times)
Xu dan Cao, kedua lansia China ini akhirnya menikah di usia 94, setelah 70 tahun berpisah. (Foto: China Daily via The Straits Times)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kalau jodoh, tak lari ke mana. Makna cinta yang dalam ini, telah dirasakan betul oleh Xu Guizhen dan Cao Zhenwei, yang telah melewati tujuh dekade untuk mengikat janji setia sebagai pasangan suami istri.

Dua insan yang sama-sama lahir pada tahun 1926 ini, telah saling mengenal sejak usia 16 tahun.

Setelah hampir 70 tahun berpisah, mereka bersatu kembali. Dua tahun lalu, saat sama-sama berusia 94 tahun, Xu dan Cao menikah.

Kisah mereka, termasuk kisah hidup di panti jompo, viral. Menyentuh hati banyak netizen China.

 

Cao Zhenwei (kanan) dan Xu Guizhen semasa muda. (Foto: China Daily via The Straits Times)

 

Ayah Xu dan Cao adalah teman karib. Mereka kerja bareng menjalankan bisnis studio foto di Weihai, Provinsi Shandong.

Baca juga : Siapa Sangka, Gangguan Mental Dimulai Sejak Usia 14 Tahun

Tahun 1937, di masa perang melawan Jepang, mereka pindah ke Shanghai. Xu dan Cao yang kala itu masih muda belia, bertemu untuk pertama kalinya di studio foto di Shanghai.

Ayah Xu sangat menyukai Cao. Dia berharap, pemuda itu akan menikahi putrinya. Tapi sayang, saat itu Cao sudah bertunangan.

Xu dan Cao lalu menjalani kehidupan terpisah. Menempuh jalan hidupnya sendiri. Dengan keluarga masing-masing.

Selanjutnya, Cao bekerja di studio foto, bersama adik laki-laki Xu.

Sementara Xu, memutuskan kembali ke Shanghai, setelah menikah. Tapi, tak lama. Karena faktanya, Xu terus berpindah-pindah.

"Ketika saya menerima telepon, saya tahu itu adalah Cao. Saya langsung mengenali suaranya. Saya berencana menemuinya di kereta bawah tanah. Tapi, saya khawatir tidak mengenalinya. Karena saya tidak melihatnya selama bertahun-tahun,” kenang Xu.

“Tapi Cao sangat pintar. Dia pergi ke komite lingkungan, dan meminta mereka memanggil saya. Ketika saya berjalan keluar, saya pun melihatnya,” imbuhnya.

Baca juga : Sistemnya Diretas, Octa Investama Klaim Tetap Beroperasi

Keduanya lalu makan malam bersama, sambil merajut kenangan masa lalu. Setelah itu, hubungan Xu dan Cao terjalin intens via telepon.  

Tak lama kemudian, Xu dan Cao memutuskan untuk menghabiskan sisa hidup, dalam ikatan pernikahan pada September 2020.

“Meski tak bertemu selama hampir 70 tahun, kami merasa sangat akrab satu sama lain. Kami kesepian, dan ingin mencari pasangan. Ini adalah takdir, yang tidak terduga,” kata Cao.

Setelah menikah pada September 2020, mereka pindah ke Fortune Care Shanghai Kangtai Nursing Home. Xu dan Cao pun berbagi kamar seluas 30 meter persegi.

"Panti jompo mengatur dekorasi pernikahan untuk menyambut kami," kata Xu.

Keputusan tinggal di panti jompo ini diambil Xu, karena putrinya khawatir dia hidup sendirian.

Setelah Xu memberi tahu rencana pindah ke panti jompo, Cao serta merta ikut.

Baca juga : Andika: Presiden Biasanya Dadakan

“Panti jompo juga memberikan permen untuk merayakan pernikahan untuk kami. Ini adalah rumah kami sekarang. Kami tidak ingin mengganggu anak-anak. Kita bisa saling menjaga,” tambahnya.

Kehidupan Xu dan Cao di panti jompo terbilang berkualitas. Mereka bangun jam 6 pagi, dan langsung sarapan.

Dua jam setelahnya, mereka menonton TV atau melakukan taiji. Setelah itu, Xu dan Cao berlatih persendian dan jari. Atau menyanyikan lagu selama 1 jam sebelum makan siang, dan kemudian beristirahat.

Setelah melakoni beberapa kegiatan di sore hari, mereka makan malam pada pukul 16.30. Lalu, bersiap tidur.

“Kami bergaul dengan sangat baik. Setelah tinggal di sini selama lebih dari dua tahun, kami sudah terbiasa dan beradaptasi dengan lingkungan," papar Xu.

Saat cuaca bagus, Xu dan Cao melakukan taiji atau berjalan-jalan. Kadang, nonton TV.

"Di panti jompo, kami seperti satu keluarga besar,” cetus Xu. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.