Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anwar Ibrahim Dan Muhyiddin Klaim Menang Pemilu Malaysia

Minggu, 20 November 2022 14:17 WIB
Mantan PM Malaysia Muhyiddin Yassin (kiri) dan pemimpin oposis Anwar Ibrahim unggul dalam Pemilu Malaysia, Sabtu, 19 November 2022. (Foto Astro Awani)
Mantan PM Malaysia Muhyiddin Yassin (kiri) dan pemimpin oposis Anwar Ibrahim unggul dalam Pemilu Malaysia, Sabtu, 19 November 2022. (Foto Astro Awani)

 Sebelumnya 
Jika Anwar berhasil merebut jabatan puncak, itu akan menjadi perjalanan yang luar biasa bagi seorang politisi yang, dalam 25 tahun, beralih dari pewaris, menjadi perdana menteri, menjadi seorang tahanan yang dihukum karena sodomi hingga menjadi tokoh oposisi terkemuka negara itu.

Hal senada juga dilontarkan mantan PM Muhyiddin. Menurutnya, pihaknya telah melakukan pembicaraan aliansinya dan akan  membentuk pemerintahan.

Baca juga : Banjir Dan Kematian Caleg, Dua Dapil Tunda Pemilu Malaysia

Muhyiddin berharap, diskusinya dengan koalisi lain bisa kelar petang ini. Salah satu aliansinya adalah koalisi PM Ismail Sabri Yaakob.

Sebagaimana yang telah diprediksi, aliansi Muhyiddin mencakup partai konservatif Melayu-sentris dan partai Islami. Muhyiddin juga menggandeng kubu petahanan.

Baca juga : Gelar Dikpol Dan Rakornis, BSNPG Siap Menangkan Golkar di Pemilu 2024

Sebagai negara Melayu, Malaysia ingin mempertahankan ke-Melayu-annya. Namun populasi negeri jiran itu juga cukup beragam. Ada warga etnis China dan India yang jumlahnya minoritas dibandingkan etnis Melayu.

Untuk diketahui, 945 kandidat memperebutkan kursi parlemen. Jumlah total kursi yang diperebutkan pada Sabtu adalah 220, bukan 222, menyusul peundaan pemungutan suara di dua daerah pemilihan karena cuaca buruk dan kematian mendadak seorang kandidat.

Baca juga : Sudah Meninggal, Tony DeLuca Menang Pemilu Sela AS

Rival Anwar, mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad, gagal menang di daerah pemilihannya di Langkawi, menandai kekalahan pertamanya dalam pemilihan parlemen sejak 1969. Tepatnya 53 tahun lalu.

Mahathir dalam wawancara di Reuters, bulan ini mengatakan, ia akan pensiun dari kancah politik jika kalah pemilu. Namun, ia terbuka untuk berbagi pengalaman dengan anak muda.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.