Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Rumania M Amhar Azeth

Gelar Pertunjukan Seni Dan Budaya Sulsel Di Bucharest

Senin, 21 November 2022 06:32 WIB
Dubes M Amhar Azeth (kiri) saat membuka pertunjukkan Indonesia Scent di Bucharest, Rumania. (KBRI Bucharest)
Dubes M Amhar Azeth (kiri) saat membuka pertunjukkan Indonesia Scent di Bucharest, Rumania. (KBRI Bucharest)

 Sebelumnya 
Tema yang diusung adalah Lino. Artinya, dunia atau alam semesta. Lino menggambarkan perspektif rakyat Makassar dan Bugis mengenai konsep kos￾mologi yang melekat dan dipelihara dalam pemahaman filosofi Sulapa Appa (bujur sangkar). Di mana tiap sisi mewakili unsur api, air, tanah dan udara.

Baca juga : RI Makin Eksis Di Hace Hotel Expo Kairo

Dari perspektif itulah, orang Makassar dan Bugis memiliki pandangan. Bahwa alam semesta terdiri dari empat unsur dasar yang terangkai bersama sebagai suatu sistem atau kesatuan yang terjalin rumit amun sangat teratur.

Baca juga : Bangga, Rakyat Sudan Antusias Belajar Bahasa Indonesia

Rangkaian tari, musik dan ritual, berlangsung kurang lebih dua jam, menghadirkan tiga pertunjukan. Empo ri Lino, Ma’lino, dan Loangeng Lino. Pertunjukan berjalan dengan lancar.

Baca juga : Promosikan Pariwisata RI Di Travel News Market

Serta mampu menyuguhkan kehangatan bagi para penonton dari beragam latar belakang. Baik masyarakat umum, pejabat pemerintah, pebisnis, pelajar dan mahasiswa, serta masyarakat Indonesia yang ber￾domisili di Rumania. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.