Dark/Light Mode

Melukis Pakai Cat Darah

Selasa, 20 Desember 2022 06:31 WIB
Elito Circa saat melukis menggunakan cat berbahan darah. (Foto Reuters/Eloisa Lopez)
Elito Circa saat melukis menggunakan cat berbahan darah. (Foto Reuters/Eloisa Lopez)

RM.id  Rakyat Merdeka - ELITO Circa, menggunakan bahan cat yang berbeda dari kebanyakan seniman lainnya untuk melukis di kanvas. Dia menggunakan darahnya sendiri untuk digoreskan ke kanvas, hingga menghasilkan karya seni.

Circa berasal dari keluarga berpenghasilan rendah, sehingga dia tidak bisa membeli alat lukis yang standar. Seniman Filipina itu menggunakan berbagai benda untuk dijadikan tinta lukis, mulai dari buah-buahan hingga dia menggunakan darahnya sendiri.

Baca juga : Penelitian HCC: Pemaknaan Stunting Masih Salah Kaprah

“Tiap goresan di kanvas, semuanya memakai darah saya sendiri, karena saya tahu noda darah sulit dihilangkan,” kata Circa dikutip dari Reuters, kemarin.

Cat darah itu dia dapatkan sekali tiga bulan. Circa mengambil darahnya di klinik setempat. Biasanya, dia akan mengambil darah sebanyak 500 mililiter, untuk kemudian disimpan di mesin pendingin di studio lukisnya.

Baca juga : Mahfud Minta Jaksa Persiapkan Diri Saat KUHP Baru Berlaku

“Tiap lukisan berasal dari darah saya, dan itu berfungsi sebagai pengingat dari mana saya berasal,” ujarnya.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.