Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes Fadjroel Hadiri Eurasian Film Festival Di Kazakhstan, Tahun Depan RI Bisa Jadi Panel Juri

Sabtu, 24 Desember 2022 14:18 WIB
Dubes RI untuk Kazakhstan Fadjroel Rachman (kiri) saat menghadiri Eurasian Film Festival di Almaty, 18 Desember 2022. (Foto: KBRI Astana)
Dubes RI untuk Kazakhstan Fadjroel Rachman (kiri) saat menghadiri Eurasian Film Festival di Almaty, 18 Desember 2022. (Foto: KBRI Astana)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan, Fadjroel Rachman menghadiri malam penghargaan Eurasian Film Festival di Kazakh National Opera and Ballet Theater, Kota Almaty, 18 Desember 2022.

Eurasian Film Festival 2022 merupakan festival film yang telah 16 kali diselenggarakan di Kazakhstan. International Film Guide memasukkannya ke dalam daftar 35 festival film top dunia.

Festival ini adalah satu-satunya festival film di Kazakhstan, yang telah mendapatkan akreditasi dari International Federation of Film Producers Associations (FIAPF).

Dalam acara yang didukung Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Kazakhstan, Dubes RI Astana bertemu dengan Presiden Eurasian Film Festival, Ardak Amirkulov. Berdiskusi mengenai kemungkinan keikutsertaan Indonesia, dan preview film Indonesia dalam festival tersebut di tahun depan.

Baca juga : 2 Desa Eks Satuan Pemukiman Transmigran Di Papua Selatan Siap Jadi Desa Mandiri

Ardak menyampaikan, film Indonesia dapat mengikuti festival film tersebut. Bisa menjadi salah satu film yang diputar dalam festival.

Sineas dari Indonesia, juga bisa menjadi salah satu panel juri untuk menentukan pemenang dalam festival film.

Pada tahun ini, terdapat dua kategori kompetisi lomba dalam Eurasian Film Festival, yaitu Internasional dan Nasional.

Kategori Internasional ini dikhususkan untuk film yang diproduksi di wilayah Eurasia, dalam 12 bulan terakhir. Total, ada 15 film berdurasi panjang, yang masuk dalam kategori ini.

Baca juga : Raja Charles III Dan Permaisuri Camilla Dinobatkan Tahun Depan, 6 Mei 2023

Sementara kategori Nasional, ditujukan untuk film domestik (Kazakhstan) yang dibuat pada tahun 2021-2022.

Kategori ini juga diikuti oleh 15 film Kazakhstan, dengan durasi panjang.

Pada kedua kategori tersebut (internasional dan nasional), para pemenang dibagi dalam lima nominasi. Yaitu film terbaik, sutradara terbaik, aktor terbaik, aktris terbaik dan special jury prize.

Dalam kunjungan kerja di Almaty, Dubes Fadjroel juga bertemu dengan Direktur Hubungan Masyarakat Kinopark, Yerlan Bukharbayev.

Baca juga : Wapres Targetkan RI Jadi Pusat Ekonomi Syariah

Dalam pertemuan, Yerlan menyampaikan dukungan, agar Indonesia dapat mengikutsertakan film-filmnya dalam festival film di Kazakhstan.

Dubes Fadjroel menyampaikan, film bisa menaikkan citra Indonesia di negara akreditasi.

“Film merupakan salah satu sarana terbaik untuk memperkenalkan budaya, norma dan kemajuan Indonesia kepada dunia. Termasuk, masyarakat Kazakhstan dan Tajikistan," paparnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.