Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes RI Untuk Kazakhstan Manfaatkan Teknologi Digital, Sukseskan Diplomasi

Minggu, 15 Januari 2023 23:26 WIB
Duta Besar Indonesia Untuk Kazakhstan Fadjroel Rachman. (Foto Twitter @fadjroel)
Duta Besar Indonesia Untuk Kazakhstan Fadjroel Rachman. (Foto Twitter @fadjroel)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berperan besar dalam menyukseskan kerja diplomasi. Hal ini pun ingin dimaksimalkan Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Astana, Kazakhstan.

Menurut Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kazakhstan dan Tajikistan Fadjroel Rachman, di era internet saat ini, diplomasi digital merupakan sebuah keniscayaan.

“Kita harus menafsir era digital sebagai peluang, bukan sebagai beban. Karena itu, teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk menyukseskan diplomasi,” ujarnya, dalam keterangan pers online KBRI Astana, Sabtu (14/1).

Baca juga : Pengamat Dukung Pembangunan Pemanfaatan Tenaga Nuklir Di Tanah Air

Selama ini, Dubes Fadjroel sangat aktif memanfaatkan media sosial dalam menjalankan tugasnya sebagai Dubes RI. Akun Twitter-nya punya pengikut lebih dari 1 juta. Instagram-nya juga aktif dengan sekitar 198 ribu pengikut.

Keaktifannya itu berbuah manis. Fadjroel Rachman kembali mendapatkan penghargaan Ranking II Social Media Awards kategori Head of Mission.

Sedangkan KBRI Astana berada di posisi ke-9 sebagai Best Performance Mission kluster penduduk hingga 40 juta jiwa. Penghargaan ini diumumkan pada kegiatan Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2023 di Jakarta, Rabu, (11/1).

Baca juga : Dubes RI Untuk Uzbekistan Dongkrak Ekspor Makanan-Minuman Instan

Dubes Fadjroel menerima penghargaan tersebut dua kali berturut-turut di posisi dua pada 2022 dan 2023.

“Ini adalah prestasi bersama seluruh Tim KBRI Astana. Insya Allah di masa depan kita akan mencapai prestasi yang lebih baik,” ujarnya.

Sebelumnya, Fadjroel menjelaskan, program diplomasi KBRI Astana tahun ini akan dikaitkan dengan perayaan hubungan 30 tahun diplomatik antara Indonesia dan Kazakhstan.

Baca juga : Dubes RI Untuk Korsel Gandi Sulistiyanto, Gembira Rayakan Natal Bareng Diaspora

“Visi KBRI Astana di momen 30 tahun hubungan diplomatik ini adalah memajukan pelayanan, inovasi, dan kolaborasi,” ujarnya.

Peringatan 30 Tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Kazakhstan juga akan dirayakan dengan penandatanganan beberapa nota kesepahaman.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.