Dark/Light Mode

Sudah Jadi Anggota, Timor Leste Ditunggu Partisipasinya

Kamis, 19 Januari 2023 19:51 WIB
Bendera ASEAN. (Foto DJKN)
Bendera ASEAN. (Foto DJKN)

 Sebelumnya 
Setelah sepuluh tahun menanti, Timor Leste akhirnya disepakati menjadi anggota ASEAN di KTT ASEAN ke-40 dan 41 di Phnom Penh, Kamboja, Desember lalu.

Baca juga : Perluas Layanan, NusaTrip Resmikan Kantor Regional Di Filipina

"Kami, pada prinsipnya, setuju mengakui Timor Leste sebagai anggota kesebelas ASEAN," demikian bunyi pernyataan bersama pemimpin ASEAN dikutip dari laman web resmi ASEAN.

Baca juga : Plate Digosipin Mundur

Namun, keanggotaan Timor Leste ini memang belum anggota penuh. Timor Leste bakal diberi status sebagai observer dan Timor Leste boleh mengikuti semua pertemuan ASEAN tahun ini, termasuk KTT.

Baca juga : Erika Carlina, Horor Ditodong Kawin

Sebagai pemegang palu Keketuaan ASEAN pada 2023, Indonesia bertekad menjadikan Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Di tengah ancaman resesi, ekonomi Asia Tenggara diperkirakan masih lebih baik dari rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.