Dark/Light Mode

Pimpin Bali Process, Menlu Retno: 3 Solusi Perangi TPPO

Sabtu, 11 Februari 2023 10:54 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pimpin Pertemuan Tingkat Menteri Bali Process, di Adelaide, Australia, 9-10 Februari 2023 (Foto RM/Kemlu RI)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pimpin Pertemuan Tingkat Menteri Bali Process, di Adelaide, Australia, 9-10 Februari 2023 (Foto RM/Kemlu RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong, memimpin bersama Pertemuan Tingkat Menteri ke-8 Bali Process on People Smuggling, Trafficking in Persons and Related Transnational Crime" (BPMC ke-8) di Adelaide, Australia pada 9-10 Februari 2023.

Menlu Retno menegaskan, Bali Process harus responsif terhadap tren yang berkembang dan berlangsung di kawasan, terutama maraknya penyalahgunaan teknologi sebagai alat kejahatan.

Baca juga : Yasonna Dorong Upaya Kolektif Atasi Perdagangan Orang

Ia mengatakan, Indonesia memiliki pengalaman langsung dalam penyelamatan WNI yang menjadi korban online scams di Kamboja.

Menlu RI juga menyoroti pendaratan pengungsi di Aceh dalam beberapa bulan terakhir yang terindikasi menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan perlunya Bali Proses mengaktifkan kembali mekanisme konsultasi.

Baca juga : Bu Retno Harumkan Indonesia

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu memberikan tiga solusi untuk memerangi kejahatan perdagangan manusia yang harus menjadi fokus Bali Process.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.