Dark/Light Mode

Pimpin Bali Process, Menlu Retno: 3 Solusi Perangi TPPO

Sabtu, 11 Februari 2023 10:54 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pimpin Pertemuan Tingkat Menteri Bali Process, di Adelaide, Australia, 9-10 Februari 2023 (Foto RM/Kemlu RI)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pimpin Pertemuan Tingkat Menteri Bali Process, di Adelaide, Australia, 9-10 Februari 2023 (Foto RM/Kemlu RI)

 Sebelumnya 
Pertama memperkuat upaya pencegahan. Kedua, memerangi penyalahgunaan teknologi. Ketiga, mengoptimalkan dampak kerja dari Bali Process.

Baca juga : Yasonna Dorong Upaya Kolektif Atasi Perdagangan Orang

Berdasarkan perkiraan dari badan urusan pengungsi PBB United Nations High Commisioner for Refugees (UNHCR), sekitar 10,9 juta orang di Asia Pasifik terancam terusir paksa pada 2023 karena masalah ekonomi, konflik, maupun perubahan iklim.

Baca juga : Bu Retno Harumkan Indonesia

Untuk itu, Retno menekankan pentingnya penyelesaian bersama untuk mengatasi masalah tersebut. Retno juga menyatakan pentingnya keterlibatan sektor bisnis dalam menangani masalah perdagangan manusia.

Baca juga : Pimpin Negara ASEAN, Indonesia Ciptakan Solusi Positif bagi Dunia

"Perdagangan manusia dan kejahatan transnasional tidak bisa hanya diatasi pemerintah saja. Kemitraan antara pemerintah dan sektor swasta sangat dibutuhkan untuk membantu mengatasi masalah penyelundupan dan perdagangan serta kejahatan transnasional," tandasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.