Dark/Light Mode

Indonesia Disebut Punya Posisi Di Antara Negara-negara Kuat

Senin, 20 Februari 2023 22:53 WIB
Presiden Jokowi berfoto bersama dengan Duta Besar Swiss untuk Indonesia Olivier Zehnder dan istri, Frederique Zehnder Merot, di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 20 Februari 2023. (Foto Humas Setkab/Rahmat)
Presiden Jokowi berfoto bersama dengan Duta Besar Swiss untuk Indonesia Olivier Zehnder dan istri, Frederique Zehnder Merot, di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 20 Februari 2023. (Foto Humas Setkab/Rahmat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para duta besar (dubes) luar biasa dan berkuasa penuh (LBPP) dari sebelas negara sahabat telah menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/2).

Sejumlah dubes menyampaikan kekagumannya soal peran Indonesia di kancah global. Merejlka juga menyampaikan keinginan untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama antara negaranya dengan Indonesia di berbagai bidang.

Dubes Swiss untuk Indonesia Olivier Zehnder menilai, Indonesia merupakan salah satu negara yang berperan sebagai pemain utama dalam bidang politik dan ekonomi dunia. Itu bisa dilihat dari perannya sebagai Presiden G20 pada 2022 serta Ketua ASEAN pada 2023.

Ia pun menilai hubungan diplomatik Indonesia dan Swiss telah berjalan dengan sangat baik. Hubungan diplomatik kedua negara telah lebih dari 70 tahun. Sementara kerja sama ekonomi telah berjalan selama 50 tahun.

"Kami sekarang menerapkan perjanjian perdagangan bebas kami antara Swiss dan Indonesia dan implementasinya sangat menjanjikan,” ujar Dubes Zehnder.

“Saya pikir tujuan utama saya sebagai duta besar di Indonesia adalah untuk membangun kerangka yang kuat untuk menunjukkan, menggarisbawahi sekali lagi, bahwa Swiss adalah mitra yang inovatif, andal, dan pragmatis, dan kalau boleh saya simpulkan: Indonesia dan Swiss bersama kita bisa,” lanjutnya.

Senada, Dubes Arab Suriah untuk Indonesia, Abdulmonem Annan menilai, Indonesia saat ini memiliki posisi di antara negara-negara kuat. Ia pun berharap peran Indonesia di tingkat global bisa terus meningkat ke depannya.

Baca juga : Pesut Etam Bidik Poin Penuh Di Laga Kandang

“Saya suka Indonesia sebagai bangsa dan sebagai pemerintah. Yang sangat menarik bagi saya adalah visi politik dan rasionalitas tinggi yang dimiliki kepemimpinannya sehingga membawa Indonesia ke posisinya saat ini di antara negara-negara paling kuat di dunia. Kami harapkan dan semoga Indonesia terus meningkat menjadi lima besar dunia, insyaallah,” ujar Dubes Arab Suriah.

Sementara itu, Dubes Sri Lanka Jayanath Siri Kumara menyebut bahwa Indonesia dan Sri Lanka merupakan dua teman baik dalam sejarah. Menurutnya, Indonesia dan Sri Lanka telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1952 dan pada tahun 1955 bersama-sama mengadakan Konferensi Asia-Afrika di Bandung.

“Kami memiliki tradisi besar untuk bekerja sama dan pada abad ke-21 ini adalah dua negara yang sangat penting dan strategis dalam perdagangan laut, di Samudera Hindia serta Pasifik Barat. Jadi saya berharap kita dapat mengembangkan konektivitas kerja tidak hanya untuk kedua negara kita tetapi juga untuk seluruh dunia,” ungkapnya.

Adapun Dubes Yunani Stella Bezirtzoglou menilai, Indonesia dan Yunani memiliki banyak kesamaan. Antara lain kedua negara merupakan negara yang damai dan stabil di kawasan, serta memiliki ribuan pulau.

Sebagai dubes, ia pun bertekad untuk meningkatkan hubungan diplomatik antara Yunani dengan Indonesia.

“Pertama-tama kami ingin memperkuat hubungan politik kami. Tahun ini kita merayakan 25 tahun berfungsinya Kedutaan Besar Yunani di Jakarta dan juga 30 tahun berfungsinya KBRI Athena. Juga kami akan memperkuat hubungan kami melalui perdagangan dan kami berharap pelabuhan kami akan menjadi titik bagi Indonesia untuk mengekspor produknya di Uni Eropa dan di Eropa,” ungkap Dubes Stella.

Berikut daftar dari 11 duta besar yang menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Jokowi:

Baca juga : Sore Ini, Konsistensi Persita Diuji Laskar Sappe Kerap

1. Erick Rahmat Moertabat, Duta Besar LBBP Republik Suriname.

2. Olivier Zehnder, Duta Besar LBBP Konfederasi Swiss.

3. Zakarya Muhammad Mustafa Al-Moghrabi, Duta Besar LBBP Negara Libya.

4. Lee Sang-deok, Duta Besar LBBP Republik Korea.

5. Stella Bezirtzoglou, Duta Besar LBBP Republik Yunani.

6. Mohamed Ahmed Salim Al Shanfari, Duta Besar LBBP Kesultanan Oman.

7. Yassir Mohamed Ali Mohamed, Duta Besar LBBP Republik Sudan.

Baca juga : Sore Ini, PSIS Ngebet Putus 6 Laga Positif Dewa United

8. Jayanath Siri Kumara, Duta Besar LBBP Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka. Berita Terkait : Pengalaman Thailand

9. Faisal Abdullah H. Amodi, Duta Besar LBBP Kerajaan Arab Saudi.

10. Abdulmonem Annan, Duta Besar LBBP Republik Arab Suriah.

11. Mpetjane Kgaogelo Lekgoro, Duta Besar LBBP Republik Afrika Selatan.

Penyerahan Surat Kepercayaan tersebut menandai dimulainya penugasan resmi para duta besar tersebut di Tanah Air.**

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.