Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

16 Persen Lagi Proyek Rampung

BKS: Kereta Cepat Naikin Daya Saing

Senin, 30 Januari 2023 06:45 WIB
Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Antara).
Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Proyek pengerjaan kereta cepat Jakarta-Bandung hampir tuntas. Saat ini, progres pembangunan konstruksi telah mencapai 84 persen. Artinya, tersisa 16 persen lagi pekerjaan yang harus dikebut.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dan PT Kereta Api Indo­nesia (KAI) menargetkan proyek ini rampung pada Juni 2023. Di­harapkan bisa beroperasi secara komersial Juli 2023.

Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi akan terus mengawal ketat penyelesaian proyek yang menghabiskan anggaran Rp 114,24 triliun itu.

“Presiden menugaskan Pak Luhut (Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan-red) saya dan Pak Erick (Menteri BUMN Erick Thohir-red) mengawal proyek ini. Kereta ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing kita,” ungkapnya saat meninjau proyek tersebut di Stasiun Tegal­luar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/11).

Baca juga : Efisiensi Biaya Logistik Dongkrak Investasi Dan Daya Saing Ekspor

BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi mengklaim, keberadaan kereta cepat Jakarta-Bandung dibutuhkan untuk mengatasi berbagai permasalahan.

Untuk itu, kata BKS, Presiden Jokowi memberikan tantangan kepadanya agar dikebut untuk membangun Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Tran­sit (LRT), kereta cepat dan trans­portasi publik lain.

“Kita tahu dari kemacetan itu mencapai triliunan. Diharap­kan, pembangunan transportasi massal bisa mengurangi keru­gian yang ditimbulkan akibat kemacetan,” tuturnya.

Eks Dirut Angkasa Pura ll ini juga menilai, keberadaan kereta cepat dapat menjadi kebanggaan bagi Indonesia.

Baca juga : KAI Sukses Layani 446 Ribu Orang Naik Kereta Selama Libur Imlek

Karena, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kereta dengan kecepatan hingga 360 kilometer per jam.

Dia memastikan, kereta cepat dibangun dengan teknologi tinggi, sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan pengalaman Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang perkeretapian.

“Pembangunan MRT, LRT dan kereta cepat yang berteknologi tinggi dapat menjadi laborato­rium bagi anak bangsa untuk belajar. Di Eropa atau Jepang, mereka sudah biasa membangun,” jelasnya.

Selain itu, untuk menyiap­kan operasional kereta cepat, Pemerintah telah menggandeng dua perusahaan konsultan asal Inggris, yakni The Crossrail International dan PT Mott Mac­donald Indonesia.

Baca juga : Prilly Latuconsina, Rajin Belajar Agar Dapat Izin Pacaran

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengungkapkan, tarif tiket kereta cepat Jakarta-Bandung diperki­rakan sekitar Rp 350 ribu untuk rute paling jauh, dan Rp 150 ribu untuk rute terdekat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.