Dark/Light Mode

HUT RI Madrid Istimewa dengan Kehadiran DPRD Sulsel

Senin, 19 Agustus 2019 20:05 WIB
.eriahnya suasana HUT Kemerdekaan di Madrid Spanyol. (Foto KBRI Madrid)
.eriahnya suasana HUT Kemerdekaan di Madrid Spanyol. (Foto KBRI Madrid)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemeriahan perayaan dan peringatan Kemerdekaan RI ke-74 tidak hanya dirayakan di Istana Negara hingga pelosok desa di tanah air, namun juga di berbagai belahan dunia termasuk di Madrid, Spanyol pada 17 Agustus 2019. Bertempat di Wisma Duta RI Madrid, kegiatan ini diikuti tidak kurang dari 120 diaspora Indonesia yang mayoritas lebih dari 10 tahun berdomisili di Madrid.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini terasa istimewa karena dihadiri pula delegasi dari DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) yang sedang melakukan kunjungan dinas di Spanyol.  Upacara peringatan kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia dipimpin Duta Besar Hermono selaku inspektur upacara diawali dengan upacara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), kemudian disusul acara inti yaitu upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Baca juga : Meriahkan HUT RI, U Stay Hotels Gelar Lomba Antar Karyawan Dan Tamu

Peringatan detik-detik proklamasi diwarnai dengan perasaan penuh haru namun sekaligus meriah sebab beberapa dari peserta upacara tampak antusias hadir dengan mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia dan mampu menghadirkan kesan tersendiri khususnya bagi delegasi DPRD Sulsel karena ini adalah kali pertama mengikuti upacara kemerdekaan RI di luar negeri. 

Usai upacara pengibaran bendera merah putih, segenap peserta larut dalam ramah tamah, sambil berfoto selfie maupun bersama sambil menyaksikan pemotongan tumpeng oleh Dubes RI. Potongan tumpeng diserahkan kepada perwakilan delegasi DPRD Sulsel, Atase Pertahanan RI, staf KBRI setempat dengan masa bakti paling lama, perwakilan masyarakat Indonesia dan anggota Paskibra. 

Baca juga : HUT RI, 1.732 Napi LP Cipinang Diusulkan Dapat Remisi

Tidak hanya tumpeng, Dubes Hermono juga secara simbolis memotong kue ulang tahun sebagai tanda syukur sekaligus memperingati HUT Kementerian Luar Negeri RI ke-74. Setelah potong tumpeng dan kue, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba yang diselenggarakan sebelumnya.

Segenap peserta yang hadir juga disuguhi berbagai menu makanan Indonesia seperti tahu goreng, lemper, urap, ayam goreng, sambal goreng kentang dan teri dengan diiringi lagu-lagu nasional. Seusai ramah tamah dan santap siang bersama, Dubes Hermono kembali memimpin upacara penurunan bendera sekaligus sebagai tanda bahwa rangkaian kegiatan peringatan HUT RI dan HUT Kemlu ke-74 tahun 2019 telah usai namun nasionalisme dan semangat persatuan tidak akan pernah usai. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.