Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bonus Demografi Kita Melimpah

Indonesia Siap Kirim Pekerja Ke Jepang

Selasa, 7 Maret 2023 23:13 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi dalam pertemuan di Tokyo, Jepang, 6 Maret 2023. (Foto Kyodo)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi dalam pertemuan di Tokyo, Jepang, 6 Maret 2023. (Foto Kyodo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membahas kerja sama di beberapa sektor dengan Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi. Salah satunya, pemenuhan kebutuhan tenaga kerja di Negeri Sakura.

Isu ini dibahas Retno dan Hayashi dalam lingkup kerja sama pengembangan sumber daya manusia (SDM). Menurunnya angka penduduk berusia produktif di Jepang, menurut Retno, dapat diimbangi dengan besarnya jumlah penduduk usia produktif Indonesia.

Baca juga : Menlu Retno: RI Siap Penuhi Kebutuhan Pekerja Di Jepang

Retno menyarankan agar Hayashi memanfaatkan potensi ini. “Kedua negara dapat bekerja sama untuk mengoptimalkan bonus demografi Indonesia,” kata Retno dalam pernyataan persnya dari Tokyo, Senin (6/3).

Menurutnya, Jepang adalah negara yang memiliki keunggulan di bidang teknologi. Jepang juga menawarkan banyak beasiswa dan pendidikan vokasi.

Baca juga : Kades Seluruh Indonesia Jaga Komitmen Persatuan Bangsa Lewat Papdesi

“Indonesia siap mendukung keperluan tenaga kerja yang tinggi di Jepang,” sambung mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu.

Menlu Retno berharap, Jepang memberikan dukungan untuk meningkatkan kapasitas bagi tenaga kerja ahli Indonesia. Termasuk melalui peningkatan pelatihan bahasa Jepang di berbagai Balai Latihan Kerja (BLK) di Indonesia.

Baca juga : Kompetisi Produksi Film Pendek 2023 Hadir Kembali

“Kerja sama pengembangan SDM juga perlu diarahkan. Tujuannya, untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif dan digital. Khususnya pada industri gaming dan pasar digital,” sambungnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.