Dark/Light Mode

Arab Saudi-Iran Akur, Israel Kalang Kabut.

Senin, 13 Maret 2023 06:15 WIB
Perwakilan Iran, Ali Shamkhani (kanan) dan perwakilan Arab Saudi Musaad bin Mohammed Aiban (kiri) bersama diplomat senior China Wang Yi berpose usai pertemuan tertutup di Beijing, China, Sabtu, 11 Maret 2023. (Foto Luo Xiaoguang / Xinhua via Associated Press)
Perwakilan Iran, Ali Shamkhani (kanan) dan perwakilan Arab Saudi Musaad bin Mohammed Aiban (kiri) bersama diplomat senior China Wang Yi berpose usai pertemuan tertutup di Beijing, China, Sabtu, 11 Maret 2023. (Foto Luo Xiaoguang / Xinhua via Associated Press)

 Sebelumnya 
Namun sekarang, Israel harus menghadapi tantangan karena Riyadh dan Teheran sepakat untuk memulihkan hubungan dan membuka kembali misi diplomatik.

“Setelah pembicaraan, Iran dan Arab Saudi telah sepakat untuk melanjutkan hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan dan misi dalam waktu dua bulan,” demikian bunyi pernyataan gabungan Saudi-Iran seperti dipublikasikan Kantor Berita Iran, IRNA.

Baca juga : Cara Membuat Nama di Akun Free Fire Kosong Atau Tidak Terlihat

Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) juga mempublikasikan pernyataan yang sama. Disebutkan, pembicaraan Riyadh dan Teheran itu dimediasi dan digelar di China.

Dalam pernyataan gabungan yang dirilis, Jumat (10/3), Saudi dan Iran mengucapkan terima kasih kepada Irak, Oman, dan China atas bantuan dan dukungan dalam pemulihan hubungan kedua negara.

Baca juga : Pertamina Salurkan Bantuan Ke Warga Plumpang

“Berterima kasih kepada Irak dan Oman karena menjadi tuan rumah untuk pembicaraan yang digelar kedua pihak pada 2021 dan 2022. Juga para pemimpin dan Pemerintah Republik Rakyat China untuk menjadi tuan rumah dan mendukung pembicaraan yang digelar di negara itu,” demikian bunyi pernyataan gabungan itu.

Sebelum pengumuman perbaikan hubungan, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, Ali Shamkhani, melakukan perjalanan ke Beijing, China, Senin (6/3) untuk melakukan negosiasi intensif dengan mitra dari Saudi, Musaad bin Mohammed Aiban.

Baca juga : Akselerasi Kemajuan Perkebunan, Kementan Bangun BaBe Bun

Irak, yang merupakan negara tetangga dari keduanya, juga telah menjadi lokasi pembicaraan antara Saudi dan Iran sejak April 2021. Pembicaraan itu dilakukan pada level pejabat keamanan dan intelijen kedua negara.

Saudi diketahui memutuskan hubungan dengan Iran pada Januari 2016. Kondisi itu terjadi usai pengunjuk rasa menyerang Kedutaan Arab Saudi di Teheran dan Konsulat di Masyhad. Pengunjuk rasa di Iran menyampaikan protes terhadap kebijakan eksekusi Ulama Syiah, Nimr Al-Nimr di Saudi. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.