Dark/Light Mode

Indonesia-China (Shandong) Exchange Week

Dubes Djauhari: Hubungan Bilateral RI-China Tertinggi Dalam Sejarah

Minggu, 26 Maret 2023 08:42 WIB
Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun saat membuka Indonesia-China (Shandong) Exchange Week, 22 Maret 2023. Event yang ditujukan sebagai ajang promosi perdagangan, investasi, pendidikan, budaya dan pariwisata ini berlangsung hingga 28 Maret mendatang. (Foto: KBRI Beijing)
Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun saat membuka Indonesia-China (Shandong) Exchange Week, 22 Maret 2023. Event yang ditujukan sebagai ajang promosi perdagangan, investasi, pendidikan, budaya dan pariwisata ini berlangsung hingga 28 Maret mendatang. (Foto: KBRI Beijing)

 Sebelumnya 
Indonesia-China (Shandong) Exchange Week juga menghadirkan pertunjukan seni tari Indonesia. Yaitu Kreasi Janger Bali, Warak Dugder, dan Rasa Sayang yang dibawakan oleh Sanggar Tari Indonesia dari Kota Yingde, Provinsi Guangdong.

 


Indonesia-China (Shandong) Exchange Week juga memamerkan foto-foto objek pariwisata Indonesia dan China China dan 11 lukisan karya pelukis Indonesia. Antara lain, istri Dubes RI untuk China, Sih Elsiwi Handayani Oratmangun, MAS Hedi Suryatna, serta beberapa pelukis Bali.

Baca juga : Menhan Prabowo Sebut, Dukungan Jokowi Untuk Pertahanan Terbesar Dalam Sejarah

Agar produk Indonesia semakin terkenal di kalangan masyarakat China, 10 perusahaan Indonesia yang tergabung dalam INACHAM, ikut serta dalam pameran produk ekspor potensial Indonesia. 

Kesepuluh perusahaan tersebut bergerak dalam bidang makanan minuman, kerajinan tangan, dan sarang burung walet yang sangat diminati di pasar China.

Dalam event Indonesia-China (Shandong) Exchange Week, Dubes Djauhari dan Delegasi RI juga melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Provinsi Shandong Deng Yunfeng dan Walikota Dezhou Zhu Kaiguo, serta pejabat terkait dari Shandong dan Dezhou.

Baca juga : Indonesia Pimpin Pengembangan Genomik Level Asia Tenggara

Dalam pertemuan tersebut, Dubes Djauhari menekankan pentingnya tiga pilar dalam kemitraan komprehensif strategis RI-China yaitu politik, ekonomi, dan sosial budaya.

"Tiga pilar ini, diharapkan dapat menguatkan bidang yang menjadi prioritas nasional RI yaitu transisi energi, infrastruktur kesehatan, dan transformasi digital. Serta kerja sama dalam kerangka people-to-people contact," kata Dubes Djauhari dalam keterangannya, Sabtu (25/3).

Wagub Shandong pun menyampaikan dukungannya untuk menguatkan kerja sama dan saling kunjung dalam bidang politik, bisnis dan industri, sustainable development serta people-to-people dan pertukaran budaya. Sehingga, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kedua negara. ***

Baca juga : Fasilitasi Kerja Sama Pebisnis RI-China

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.