Dark/Light Mode

Atasi Kebakaran Hutan Amazon, Paus Francis Serukan Komitmen Global

Minggu, 25 Agustus 2019 22:01 WIB
Paus Francis (Foto: Reuters)
Paus Francis (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Paus Francis menyerukan komitmen global untuk memadamkan kebakaran yang melanda hutan hujan Amazon di Brazil, yang merupakan negara dengan penganut Katholik terbanyak di dunia.

Menurutnya, Amazon punya peran penting terhadap kesehatan planet bumi.

Baca juga : Atasi Kebakaran Hutan Amazon, Presiden Brazil Kirim Tentara

"Kami semua sangat mengkhawatirkan kebakaran hebat di Amazon. Mari kita berdoa, agar komitmen memadamkan kebakaran tersebut, bisa menemui hasil. Amazon adalah paru-paru bagi planet kita," ujar Paus di hadapan ribuan orang yang memadati St Peter's Square dalam acara misa mingguan, Minggu (25/8).

Enam negara bagian di Brazil telah meminta bantuan pasukan militer, untuk memadamkan kebakaran di Hutan Amazon.

Baca juga : Ada Kemajuan dalam Penyelidikan Kasus Suap Kemenpora

Francis, yang menulis sebuah dokumen besar yang dikenal sebagai ensiklopedia pada tahun 2015 tentang perlindungan lingkungan dari pemanasan global, kerap membela hak-hak masyarakat adat di kawasan Amazon, untuk melestarikan tanah dan melindungi budaya mereka.

Francis juga menyerukan pengurangan penggunaan bahan bakar fosil secara progresif.

Baca juga : Atasi Kekeringan, Kementan Beri Bantuan Pompa Air ke Petani Batanghari

Terjadinya kebakaran di Amazon, bertepatan dengan KTT G7 di Biarritz, Prancis, akhir pekan ini. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Prancis Emmanuel Macron selaku tuan rumah mengatakan, Amazon membutuhkan manajemen yang lebih baik untuk mengakhiri "gerhana" yang terjadi di hutan hujan.

Francis ingin, para pemimpin dunia segera mengatasi kedaruratan ini. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.