Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Filipina Agus Widjojo

Gaet Diaspora Network, Promo Produk Hingga Kuliner Nusantara

Sabtu, 20 Mei 2023 06:49 WIB
Dubes Agus Widjojo (tengah, berbatik) meresmikan Indonesia Bazaar 2023 di KBRI Manila, Kamis (18/5). (Foto RM/HO KBRI Manila)
Dubes Agus Widjojo (tengah, berbatik) meresmikan Indonesia Bazaar 2023 di KBRI Manila, Kamis (18/5). (Foto RM/HO KBRI Manila)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Manila menggandeng Indonesia Diaspora Network Chapter Philippines untuk menyelenggarakan Indonesia Bazaar 2023 pada 18-20 Mei di KBRI Manila, Filipina.

Acara bertemakan Pesta Rasa Nusantara itu merupakan acara tahunan yang digelar sejak 2017. Tujuannya, menciptakan kesadaran terhadap Komunitas Indonesia yang berkembang pesat di Filipina, melalui promosi produk ekspor, kuliner serta budaya Indonesia.

“Sambil mengembangkan kewirausahaan dan bisnis, Diaspora Indonesia juga bisa menjadi agen promosi Indonesia di Filipina,” kata Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Filipina Agus Widjojo dalam keterangan resminya, kemarin.

Baca juga : Serahkan Lukisan SBY Dan Dipo Alam Ke Istri Abe

Menurut mantan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) ini, KBRI Manila akan mendukung kegiatan Diaspora Indonesia dalam mengoptimalkan sekaligus memberdayakan potensi mereka.

Indonesia Bazaar sempat terhenti pada 2020 akibat pandemi Covid-19. Namun, tahun ini acara dibuka Dubes Agus bersama perwakilan Pemerintah Kota Makati City dan para undangan yang merupakan perwakilan Kedutaan Besar negara ASEAN di Filipina dan Kementerian Luar Negeri Filipina.

Ada 30 stan menyajikan berbagai makanan dan minuman, produk fashion dan aksesoris, serta produk retail Indonesia lainnya. Ada pula kontes photobooth, penjualan daring, demo memasak, permainan seru, penampilan band, sesi zumba, seminar kesehatan hingga skrining kesehatan gratis.

Baca juga : Garuda Indonesia Travel Fair Kembali Digelar, Diskon Tiket Hingga 80 Persen

Indonesia Bazaar 2023 didukung oleh PT Kalbe International, Glorious Dexa Mandaya. Inc dan Vouno Trade And Marketing Services Corp. (Mayora).

Ketiga perusahaan Indonesia yang telah mendukung acara tersebut merupakan perusahaan Indonesia yang berhasil memiliki pangsa besar di Filipina.

Sementara, diaspora Indonesia yang berpartisipasi dalam Bazaar 2023, yakni: Island Style, Indofun Mart, DWP, Almade, Arumanis, Kampoeng Indo PH, RH 1024, Rumah Makan Padang Huang Jia dan Warung Pinoy.

Baca juga : Rayakan Bintang Jasa Untuk Menteri ESDM

Ada juga Tuahta, ICFood, Alyn’s Kitchen, Kantin Idola Nusantara, Depot Selera, Rasa Baru, Gamita, Weywey & The Oven, Citra Minang, Indorasa, Happy Salad & Rolls, Indomarket Filipina dan Bakmi Nyonya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.