Dark/Light Mode

Gelar Pertemuan Di Istana Bogor

Presiden Iran Dan Jokowi Teken 10 Kerja Sama

Rabu, 24 Mei 2023 06:04 WIB
Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi dan Presiden Jokowi di Istana Bogor, kemarin. (Twitter @Jokowi)
Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi dan Presiden Jokowi di Istana Bogor, kemarin. (Twitter @Jokowi)

 Sebelumnya 
Setelah saling memperkenalkan delegasi dan para menterinya, kedua pemimpin negara melangsungkan sesi foto bersama dan penandatangan buku tamu. Setelah itu, Jokowi mengajak Raisi menuju halaman belakang Istana dan menanam pohon kayu ulin besi bersama.

Usai melaksanakan penanaman pohon, kedua pemimpin melakukan pembicaraan secara tatap muka di beranda Istana Kepresidenan Bogor. Selanjutnya mereka melaksanakan pertemuan bilateral bersama para delegasi negara masing-masing.

Baca juga : Usbat Ganjar Berikan Pelatihan Tahtim Dan Tahlil Di Medan

Dalam keterangan pers kepresidenan, Jokowi dan Raisi berbincang dan menandatangani 10 kerja sama bilateral. Yakni kerja sama perdagangan preferensial, kerja sama iptek dan inovasi, kerja sama pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas.

Selain itu, kerja sama jaminan produk halal, kerja sama bea cukai, kerja sama pengobatan farmasi, biologis dan tradisional serta kosmetik dan produk makanan, kerja sama pemberantasan peredaran gelap narkotika dan juga kerja sama pertukaran kebudayaan.

Baca juga : Perempuan Pengusaha Indonesia Serukan Kerja Sama Global

Untuk diketahui, nilai kerja sama perdagangan Indonesia dan Iran pada tahun 2022 mencapai 257,2 juta dolar AS (Rp 3,9 triliun). Angka tersebut meningkat sebesar 23 persen dari 2021.

Selain bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor, Raisi diagendakan meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Raisi juga dijadwalkan bertemu Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua MPR Bambang Soesatyo serta berkunjung ke Masjid Istiqlal.

Baca juga : Selain Jokowi, 23-24 Mei Presiden Iran Temui Mereka Ini

 Dalam keterangan Kedutaan Besar Iran di Jakarta, Teheran menganggap Indonesia memiliki kesamaan budaya dan peradaban dengan mereka. Indonesia dianggap memiliki posisi istimewa oleh Negara Mullah itu, khususnya letak geografisnya yang berada di jantung jalur transportasi dan perdagangan internasional di Asia Timur dan negara-negara ASEAN. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.