Dark/Light Mode

Erdogan Kembali Pimpin Turki: Jokowi, Biden Hingga Putin Ucapin Selamat

Selasa, 30 Mei 2023 06:20 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Ibu Negara Emine di depan Istana Kepresidenan di Ankara, Turki. (Foto Twitter @EmineErdogan)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Ibu Negara Emine di depan Istana Kepresidenan di Ankara, Turki. (Foto Twitter @EmineErdogan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para pemimpin dunia pun ramai-ramai menyampaikan ucapan selamat kepada Erdogan. Mulai dari Jokowi hingga Vladimir Putin.

Recep Tayyip Erdogan akan berkuasa hingga 2028, setelah kembali menang pada Pemilihan Presiden (Pilpres). Presiden Joko Widodo mengirimkan ucapan via akun Twitter pribadinya, kemarin.

Baca juga : Erdogan Menang, Biden Hingga Putin Kasih Selamat

“Selamat kepada saudara tersayangku Presiden Turki @RTErdogan yang kembali terpilih. Kami siap meneruskan dan memperkuat kerja sama strategis Indonesia-Turki demi keuntungan rakyat kita bersama,” cuit Jokowi.

Sahabat karib Erdogan dari Rusia, Presiden Vladimir Putin pun tak ketinggalan. Dia menyebut kemenangan Erdogan adalah bukti bahwa dia masih mendapat dukungan rakyat Türkiye, --nama baru negara Turki, yang resmi disahkan PBB pada 1 Juni 2022.

Baca juga : Sah, Perry Warjiyo Kembali Pimpin BI Hingga 2028

“Ini bukti jelas dukungan rakyat Turki untuk Erdogan, untuk memperkuat kedaulatan negara dan mengejar kebijakan luar negeri yang independen,” ujar Putin, dikutip CNN, kemarin.

Selain itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga mengucapkan selamat. Dia menyampaikan harapan untuk bisa bekerja sama dengan Turki sebagai sekutu NATO.

Baca juga : Jokowi Tunjukin Kesaktiannya

“Selamat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan atas terpilihnya kembali (sebagai Presiden Turki). Saya berharap dapat terus bekerja sama sebagai Sekutu NATO dalam masalah bilateral dan berbagi tantangan global,” bunyi pernyataan Biden dikutip situs Gedung Putih, Senin (29/5).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.