Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Spanyol Muhammad Najib, Terinspirasi Acara HUT Venezuela Di Spanyol

Rabu, 12 Juli 2023 07:24 WIB
Dubes Muhammad Najib saat menghadiri perayaan Hari Kemerdekaan Venezuela di Madrid pada 6 Juli 2023. (Foto: YouTube KBRI Madrid)
Dubes Muhammad Najib saat menghadiri perayaan Hari Kemerdekaan Venezuela di Madrid pada 6 Juli 2023. (Foto: YouTube KBRI Madrid)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Spanyol Muhammad Najib bertekad mengadakan acara perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-78 dengan acara memukau para tamu undangan.

Rencana itu muncul saat Dubes Najib menghadiri event peringatan hari kemerdekaan Venezuela di Madrid pekan lalu. Dikutip dari akun Youtube KBRI Madrid, Minggu (9/7), Dubes Najib terpukau dengan persembahan pentas seni yang disuguhkan Kedutaan Nesar Veenzuela.

Najib mengatakan, peringatan hari kemerdekaan di luar negeri dapat menjadi semacam instrumen diplomasi.

Baca juga : Albanese Terinspirasi Gaya Jokowi Di Bajo

Hal itu yang sedang diterapkan Venezuela melalui pementasan kombinasi musik, tari, dan lagu yang diberikan judul ‘Amor en Libertad’ atau ‘Cinta dan Kemerdekaan.’

Dalam acara tersebut, tamu undangan tidak disuguhi pidato panjang dan makan malam dengan menu berat. Mereka hanya disuguhi minuman ringan dan makanan kecil untuk menemani menikmati suguhan tari, musik dan lagu khas dari Venezuela.

“Venezuela sukses besar dengan menggunakan instrumen ini sebagai diplomasi,” puji Dubes Najib.

Baca juga : Dubes Kanada Nadia Burger Ucapin Selamat Hari Kanada Di Sosial Media

Menurutnya, seni yang dipentaskan dalam perayaan, memiliki pesan-pesan politik. “Bagi mereka yang paham situasi konflik di Venezuela, bisa memahami pesan-pesan yang disampaikan,” sambung Najib.

Berkaca pada keberhasilan Venezuela dalam menggelar perayaan hari kemerdekaan, Dubes Najib berencana menggelar acara hari Kemerdekaan Indonesia yang tidak kalah menarik pada 17 Agustus nanti.

“Mudah-mudahan tidak kalah menarik dan pesan-pesan politik yang ingin disampaikan dapat mencapai tujuannya,” harapnya.

Baca juga : Dubes RI Untuk Kazakhstan Fadjroel Rachman Ikut Demo Masak Bareng DWP

Acara hari kemerdekaan Indonesia tahun ini akan menjadi yang pertama dilakukan KBRI Madrid sejak dua tahun tidak dirayakan karena pandemi Covid-19.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.