Dark/Light Mode

Dubes Prancis Untuk Indonesia Fabien Penone Dalami Potensi Kerja Sama Ekonomi Di Kota Pahlawan

Kamis, 20 Juli 2023 07:25 WIB
Dubes Fabien Penone kiri berbincang dengan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Selasa 18/7. Foto: (Dok. Pemprov. Jatim)
Dubes Fabien Penone kiri berbincang dengan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Selasa 18/7. Foto: (Dok. Pemprov. Jatim)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia Fabien Penone tengah melakukan kunjungan kerja ke Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Dubes yang telah menyerahkan Surat kepercayaan atau Letter of Credentials, Juni lalu, ingin mendalami kerja sama ekonomi, pendidikan, pariwisata hingga budaya di kota Pahlawan itu.

“Kami berharap bisa membangun kerja sama yang baik dengan Indonesia, salah satunya kota Surabaya. Itulah alasan saya datang dari Jakarta ke Surabaya. Bagi saya, Surabaya merupakan kota prioritas,” papar Dubes Penone usai menemui Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Selasa (18/7).

Baca juga : Sri Mulyani Perkuat Kerja Sama Bilateral

Di laman web Pemrov Jatim, dalam pertemuan dengan Eri, Penone menyampaikan keinginannya menggali potensi kerja sama dengan Surabaya mulai dari bidang budaya, ekonomi, pariwisata hingga pendidikan.

Dalam bidang ekonomi, sudah ada beberapa perusahaan Prancis yang hadir di Surabaya dan kota lain di Jatim. Sedangkan dalam bidang pendidikan, di Surabaya sudah ada mahasiswa Prancis yang belajar di Institut Teknologi Sepuluh november Surabaya (ITS).

Baca juga : Dubes Turki Untuk Indonesia Talip Kucukcan Imbau RI Waspadai Gerakan FETO

Pemerintah Prancis juga telah menjalin kerja sama dengan Universitas Airlangga (Unair). Universitas ini sudah menjalin kerja sama dengan beberapa instansi pendidikan di negeri Menara Eiffel itu sejak 2017.

“Program pertukaran mahasiswa tentunya menjadi salah satu potensi kerja sama yang akan kita jalankan. nantinya Prancis menyediakan program untuk mengundang mahasiswa Unair guna mempelajari dan memahami budaya Prancis,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.