Dark/Light Mode

Buntut Aksi Bakar Al-Quran

Kedubes Swedia Di Irak Hangus Dibakar Massa

Jumat, 21 Juli 2023 05:59 WIB
Aparat keamanan menembakkan meriam air saat para pengunjuk rasa berkumpul di dekat Kedutaan Besar Swedia di Baghdad, Irak, 20 Juli 2023. Foto: REUTERS/Ahmed Saad.
Aparat keamanan menembakkan meriam air saat para pengunjuk rasa berkumpul di dekat Kedutaan Besar Swedia di Baghdad, Irak, 20 Juli 2023. Foto: REUTERS/Ahmed Saad.

 Sebelumnya 
“Kami tidak menunggu sam­pai pagi. Kami masuk saat fajar dan membakar Kedutaan Swedia,” ujar seorang demonstran muda.

Pemerintah Swedia meminta Pemerintah Irak untuk segera mengusut pembakaran fasilitas diplomatik mereka di Baghdad. Di saat yang sama, Pemerintah Irak juga mengutuk pembakaran Kedubes Swedia. Kementerian Luar Negeri Irak pun meminta pasukan keamanan mengidenti­fikasi dalang pembakaran itu.

Baca juga : HUT Ke-6, Klinik Alyssa Medika Gelar Penyuluhan Kesehatan Dan Khitanan Massal

“Pemerintah Irak telah menginstruksikan agar aparat melakukan penyelidikan dan mengidentifikasi pelakunya,” bunyi pernyataan Kemlu Irak.

Massa di Irak sudah mulai geram saat Salwan Momika, pengungsi asal Irak di Swedia, melakukan aksi bakar Al-Quran di depan Kedubes Irak di Swedia pada 28 Juni lalu. Salwan membakar be­berapa halaman salinan Al-Quran di depan masjid terbesar di Stock­holm saat momen Idul Adha.

Baca juga : Protes Keras Pembakaran Al-Quran Di Swedia, PKS: Dunia Harus Kompak Mengutuk

Insiden itu mendorong para pendukung Sadr, pemimpin agama berpengaruh di Irak, me­nyerbu Kedubes Swedia di Bagdhad keesokan harinya. DAY

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 21 Juli 2023 dengan judul "Buntut Aksi Bakar Al-Quran, Kedubes Swedia Di Irak Hangus Dibakar Massa”

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.