Dark/Light Mode

Maling Ngaku Menteri

Rabu, 26 Juli 2023 07:30 WIB
Kantor Kementerian Pembangunan Sosial Chile. (Foto Pinterest)
Kantor Kementerian Pembangunan Sosial Chile. (Foto Pinterest)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kawanan pencuri di Chile, berhasil menggondol 23 unit komputer dan satu brankas dari kantor Kementerian Pembangunan Sosial. Sebelumnya, kawanan tersebut mengelabui petugas keamanan dengan mengaku sebagai Menteri Pembangunan Sosial Chile, Giorgio Jackson.

Saat akan melancarkan aksinya, Rabu (19/7), seseorang yang diyakini sebagai salah satu anggota kawanan itu, menelepon petugas keamanan, dengan mengaku sebagai Menteri Jackson. Orang tersebut mengatakan, keponakannya sedang menuju kantor kementerian, dan ingin mengambil komputer.

Baca juga : Bakal Disidang Banteng, Budiman Nggak Gentar

Para petugas keamanan tersebut menjadi curiga ketika penelepon itu menghubungi lagi untuk mengatakan, keponakannya juga akan membawa brankas.

Skenario berjalan seperti harapan para pencuri. Mereka sukses masuk dan menggondol 23 komputer dan satu unit brankas yang menyimpan dokumen-dokumen penting. Menurut stasiun radio Bio Bio, dokumen itu termasuk informasi mengenai kontak langsung antara kementerian dan lembaga-lembaga lain.

Baca juga : Hujan Deras Sambut Messi Di Inter Miami

Menteri Jackson yang merasa namanya dicatut mengatakan, pencurian itu bermuatan politik. Pasalnya, lokasi kejadian berlangsung hanya berjarak beberapa blok dari Istana Kepresidenan dan sejumlah kantor polisi di pusat kota Santiago.

Apalagi, saat ini partai Jackson menghadapi tuduhan korupsi. Menteri tersebut adalah salah satu sekutu terdekat Presiden Gabriel Boric.

Baca juga : 60 Tahun Nggak Tidur

Meskipun presiden telah berusaha menjauhkan diri dari skandal ini, jajak pendapat menunjukkan bahwa skandal ini meningkatkan perhatian publik atas agenda Pemerintah.

“Mereka mencoba menguji kecerdasan warga Chile, karena pencuri mencari perhiasan, uang, dan lain sebagainya, bukan brankas berisi dokumen,” cuit salah seorang politikus di negara itu, Fidel Espinoza. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.