Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes RI Seoul Bangga Sambut Kontingen Pramuka Indonesia Ikut Jambore Dunia

Minggu, 30 Juli 2023 18:47 WIB
Kontingen Pramuka Indonesia di Kedutaan Besar RI di Seoul, Korea Selatan. (Foto: Ist)
Kontingen Pramuka Indonesia di Kedutaan Besar RI di Seoul, Korea Selatan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - KBRI Seoul menyambut kedatangan kontingen Pramuka Indonesia, yang akan mengikuti Jambore Dunia ke-25 di SaeManGeum, Korea Selatan. Acara ini berlangsung tepat di momen peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan tahun 2023.

"Suatu kebanggaan bagi keluarga besar KBRI Seoul yang sedang merayakan Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia Korsel di tahun 2023 untuk menyambut Pramuka Indonesia,” kata Duta Besar RI untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto, dalam keterangannya, Minggu (30/7).

Dalam sambutannya, Gandi mengungkapkan rasa bangga atas kehadiran Pramuka Indonesia di negara tersebut. 

Baca juga : Ganjar Minta Pramuka Sampaikan Pesan Damai Kepada Dunia

Ia berharap pengalaman dan pendidikan yang akan diperoleh selama Jambore Dunia ini dapat membuka wawasan dan membekali mereka menjadi pemimpin di berbagai lini, tidak hanya di Tanah Air, tetapi juga di lingkup internasional. 

"Jambore Dunia merupakan kesempatan bagi adik-adik mengembangkan networking dan persahabatan dengan warga negara lain," tuturnya.

Menurut Gandi, Jambore Dunia kali ini terasa istimewa, karena jumlah kontingen Pramuka Indonesia mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah dalam partisipasi dari ajang ini. Dari tanggal 1 hingga 12 Agustus 2023, lebih dari 43.000 Pramuka dari 150 negara akan berkumpul di area perkemahan SaeManGeum.

Baca juga : Rieke Bangga Arsip Pidato Sukarno Di PBB Jadi Memori Dunia UNESCO

Panitia Jambore Dunia telah menyiapkan beragam kegiatan di bawah tema besar "Draw Your Dream" melalui program 4S dan ACT (Scouting for Life, Smart and Scientific, Safe and Secured, serta Sustainability and also Adventure, Culture, and Tradition). 

Selain itu, Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Indonesia juga turut menyelenggarakan berbagai acara menarik seperti Pameran, Indonesia Food House, Indonesian Day, City Tour, dan beragam acara lainnya untuk memeriahkan kesempatan ini.

Dalam perjalanannya, kontingen Pramuka Indonesia diberangkatkan oleh Duta Besar Ahmad Rusdi (mantan Dubes RI di Bangkok 2016-2020) sebagai Ketua Kontingen dari gelombang kedua kedatangan mereka di Jambore Dunia 2023. 

Baca juga : Pesan Geopolitik Indonesia Menjaga Dunia

Waket Kwarnas Rusdi memberikan pesan penting kepada para peserta untuk tetap menjaga nama baik bangsa Indonesia selama berada di ajang internasional ini. Tak ketinggalan, Michael Sou, Honorary World Scout Ambassador, turut hadir dalam acara tersebut.

Sebelum berangkat ke Korea Selatan, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Budi Waseso, juga telah melaporkan langsung kepada Presiden Joko Widodo terkait sejumlah acara yang akan diikuti oleh Kwarnas, termasuk Jambore Dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.