Dark/Light Mode

Asia Timur Dihantam Bencana Alam

Jepang-Korsel Kepanasan,Negeri Panda Kebanjiran

Kamis, 3 Agustus 2023 05:58 WIB
Terendam Banjir: Sebuah gapura tradisional terlihat terendam banjir di daerah Miaofengshan di pinggiran Beijing, China, 1 Agustus 2023. Foto AP/Ng Han Guan)
Terendam Banjir: Sebuah gapura tradisional terlihat terendam banjir di daerah Miaofengshan di pinggiran Beijing, China, 1 Agustus 2023. Foto AP/Ng Han Guan)

 Sebelumnya 
Pada Selasa, lembaga penyiaran Pemerintah, CCTV mengatakan, hujan telah menewaskan sedikitnya 11 orang di Beijing, dua di antaranya para pekerja yang terbunuh saat bertugas dalam operasi penyelamatan dan pertolongan. Sebanyak 13 orang masih hilang, tetapi 14 lainnya telah ditemukan dalam keadaan selamat.

Di provinsi tetangga, Hebei, lebih dari 800.000 orang dievakuasi, sembilan orang tewas dan enam orang hilang. Dua korban tewas lainnya dilaporkan di Provinsi Liaoning di timur laut selama akhir pekan.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Peluncuran Buku Gelombang Pasang Koperasi Simpan Pinjam

Presiden China Xi Jinping telah meminta semua personel SAR untuk siap sedia mengevakuasi korban banjir. Xi juga meminta upaya meminimalkan korban.

“Sangat penting untuk memastikan perawatan medis bagi korban luka dan memberikan kenyamanan bagi keluarga korban meninggal,” ujar Xi dikutip Channel News Asia, kemarin.

Baca juga : Ridwan Kamil Minta Pemkot Cirebon Siapkan SMK Dukung Kawasan Rebana

Xi menekankan, otoritas terkait harus memperkuat pemantauan dan peringatan dini banjir, fokus pada lokasi penting pencegahan banjir, dan sepenuhnya menerapkan langkah-langkah pencegahan banjir selama periode penting dari akhir Juli hingga awal Agustus.

“Keselamatan nyawa dan harta benda masyarakat serta stabilitas sosial harus dipastikan dengan upaya maksimal,” tegas Xi.

Baca juga : Jemaah Haji Telantar Karena Transportasi, Puan Minta Ada Perbaikan

Beberapa jalur kereta bawah tanah di Ibu Kota China, Beijing, termasuk kereta api di pinggiran barat, ditangguhkan pada Selasa. Distrik Mentougou Beijing di barat mengalami kerusakan dramatis sehari sebelumnya, setelah hujan deras mengubah jalan menjadi sungai dan menyapu mobil.

Aplikasi pelacak Flight Master menunjukkan, hampir 400 penerbangan dibatalkan pada Selasa dan ratusan tertunda di dua bandara Beijing. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.