Dark/Light Mode

Dubes RI Di Manila Agus Widjojo Perkenalkan Tempe Di Festival Makanan ASEAN 2023

Selasa, 8 Agustus 2023 07:12 WIB
Duta Besar Indonesia Untuk Filipina Agus Widjojo. (Foto KBRI Manila)
Duta Besar Indonesia Untuk Filipina Agus Widjojo. (Foto KBRI Manila)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut Hari ASEAN yang jatuh pada 8 Agustus, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Manila, Filipina, memperkenalkan tempe, di Festival Makanan ASEAN atau ASEAN Food Festival (AFF) 2023 di SM Mall of Asia.

Festival makanan itu juga diikuti sejumlah perwakilan negara anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang ada di Filipina.

“Promosi tempe sebagai warisan budaya Indonesia yang dipadukan dengan promosi seni budaya menjadi sangat menarik dan memberikan daya tarik lain bagi para pengunjung,” terang Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Filipina, Agus Widjojo melalui keterangan tertulisnya, Minggu (6/8).

Baca juga : 25 Klub Dipastikan Akan Tampil Dalam Liga Golf Jakarta 2023

Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) periode 15 April 2016 hingga 12 Januari 2022 itu menambahkan, KBRI sangat mendukung promosi tempe sebagai superfood kebanggaan bangsa Indonesia di Filipina. Ia juga menyambut baik acara yang digelar melalui kerja sama dengan Yayasan Duta Indonesia Maju tersebut.

Dengan mengusung tema “Tempe Goes to Philippines for the World”, dalam festival itu, booth KBRI Manila menyuguhkan berbagai macam makanan olahan tempe. Seperti tempe orek, tempe goreng, tempe balado, tempe keripik, bolognese tempe, dan rendang tempe. Sementara, sambal Nusantara dibagikan kepada para pengunjung secara gratis.

Ketua Ad Hoc Festival Tempe sekaligus pendiri Komunitas Gastronomi Indonesia, Mimis S Sasmoyo dalam paparannya memberikan penjelasan tentang berbagai kandungan gizi dan manfaat tempe bagi kesehatan. Sementara Chef Yudhi Harijono dan Chef Eek Kie melakukan demonstrasi mengolah tempe menjadi ice tempe coffee latte, menu pertama di dunia yang diluncurkan dalam kegiatan tersebut.

Baca juga : Inggris Sawer Rp 600 Miliar Untuk Berdayakan Wanita Dan Anak-anak ASEAN

Selain tempe, KBRI Manila juga memperkenalkan batik di Festival Makanan yang berlangsung hingga 13 Agustus ini. Para pengunjung dapat melihat dan menjajal berbagai busana batik unik dan warna-warni khas Indonesia.

ASEAN Food Festival merupakan kegiatan yang diselenggarakan ASEAN Ladies Foundation (ALF) dalam rangka peringatan Hari ASEAN 2023. Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Manila, Ranny Widjojo merupakan Presiden ALF saat ini.

Peserta AFF terdiri dari perwakilan 10 negara anggota ASEAN dan mitra wicara ASEAN, Korea Selatan.

Baca juga : RI Dorong Penguatan Kapasitas Dan Efektivitas Kelembagaan ASEAN

Pembukaan AFF disaksikan Menteri Luar Negeri Filipina, Enrique Manalo dan para Dubes dari negara anggota ASEAN, serta para tamu undangan dari berbagai kalangan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.