Dark/Light Mode

KRI Bima Suci Jelajahi Kawasan Bangsa Viking

Selasa, 8 Agustus 2023 11:17 WIB
KRI Bima Suci menyabet sejumlah penghargaan lomba arung Laut Utara Eropa, di kota Arendal, selatan Norwegia. (Foto KBRI Oslo)
KRI Bima Suci menyabet sejumlah penghargaan lomba arung Laut Utara Eropa, di kota Arendal, selatan Norwegia. (Foto KBRI Oslo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan Awak KRI Bima Suci berhasil mencuri perhatian pengujung di kota Arendal, selatan Norwegia dan terlihat menjadi primadona pada The Tall Ships Races 2023.

Perdana, Arendal mendapat kehormatan menjadi pelabuhan tuan rumah The Tall Ships Races 2023 yang diselenggarakan pada 3-6 Agustus 2023.

Wali Kota Arendal Robert Cornels Nordli mengatakan, 35 kapal layar dari berbagai negara berpartisipasi dalam lomba mengarungi Laut Utara Eropa. Terdapat 750 pelaut yang berada di kapal, 150 orang di antaranya pelaut Norwegia.

"Kegiatan ini bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun kota Arendal yang ke-300, dan kota ini merupakan kota maritim terbesar di wilayah Nordik pada era tahun 1850 hingga 1880," katanya dalam acara penyerahan trophy dan penghargaan kepada seluruh peserta lomba arung Laut Utara.

KRI Bima Suci yang dikomandani Letkol Laut (P) M. Sati Lubis dan Perwira Pelaksana Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo yang membawa sekitar 200 awak kapal termasuk Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 70.

Selama sandar di kota Arendal, KRI Bima Suci selalu menjadi sorotan dan perbincangan para pengunjung yang hadir baik dari pengunjung lokal, mancanegara, crew kapal layar dari negara lain maupun warga Indonesia yang tinggal di Norwegia. Hal ini terlihat dari kepadatan dan antusiasme ribuan pengunjung di kota maritim Arendal yang setiap harinya datang untuk menikmati keindahan kapal layar latih tiang tinggi KRI Bima Suci.

Kapal kebanggaan TNI Angkatan Laut (TNI AL) itu mempunyai panjang 111,20 meter dan tinggi layar 51,15 meter dan menjadi kapal layar terbesar dibandingkan kapal layar peserta lainnya. Bahkan masih yang terbesar dibandingkan kapal layar kebanggaan tuan rumah Norwegia, Councilor Lehmkuhl yang mempunyai panjang 97,20 meter dan tinggi layer 48 meter.

Promosi Budaya Di Kapal

Open Ship KRI Bima Suci setiap harinya selalu memiliki sesuatu yang berbeda dan menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Para awak KRI Bima Suci maupun Taruna AAL menampil kesenian Nusantara.

Baca juga : Bojan Pelajari Kekuatan Persis Solo Lewat Video

Ada pertunjukan Genderang Suling Gita Jala Taruna, Reog Ponorogo, tari piring (Sumatra Barat), tari gauk (Bali), rampak gendang (Jawa Barat), tari badinding (Sumatra Barat), Rama dan Shinta (Jawa), tari Nusantara serta sejumlah penampilan yang diiringi Bima Suci band.

Dan yang menarik, pengungunjung antusias menari tari poco-poco, maumere, dan tarian kaka main salah.

Dalam keterangan pers KBRI Oslo yang diterima Rakyat Merdeka dan RM.id, kemarin, Annette, warga Norwegia memberikan apresiasi atas keramahtamahan serta keberanian kru KRI Bima Suci mengarungi samudra dan sampai di Norwegia bahkan pernah mengelilingi dunia.

"Selama ini banyak orang menyangka bangsa Eropa, termasuk bangsa Viking yang merupakan leluhur bangsa Skandinavia merupakan pelaut dan penjelajah ulung dunia, namun ternyata Indonesia juga merupakan bangsa bahari yang pantas untuk disegani, salut,"  imbuhnya.

Kapal latih layar terbaru dan terbesar TNI Angkatan Laut ini yang dinamai pahlawan Jawa ’Bima Suci’ yang merupakan simbol kekuatan, keberanian dan kebenaran.

Pengahargaan The Tall Ship Races 2023

Selama mengikuti The Tall Ship Races 2023, berhasil membawa pulang 12 trophy, termasuk 5 trophy yang didapat di 2 leg races Norwegia.

Yakni di kota Arendal mendapat trophy The Most Spectacular Arrival, The Best Crew Parade, The First Winner Sport Activities for Tall Ship Crew, The Fourth Place on the Tall Ship Race. 

Sedangkan di kota Fredrikstad pada 15-18 Juli mendapat trophy The Best Dressed Ship di Fredrikstad.

Baca juga : Jelang Lawan Persis, Maung Bandung Fokus Transisi Pemain

Dalam rangkaian The Tall Ship Races 2023 yang mengambil start dari kota Den Helder, Belanda pada 29 Juni-2 Juli, KRI Bima Suci pada leg races ini berhasil mendapatkan trophy The Most Spectacular Arrival, Vesel Farthest From Home Port, The Best Crew Parade, dan Runner Up Sport Activities.

Pada leg kedua di kota Hartlepool, Inggris, tanggal 6-9 Juli KRI Bima Suci mendapat trophy The Most Spectacular Arrival.

Pada leg ketiga di kota Lerwick, Skotlandia, tanggal 26-29 Juli, KRI Bima Suci mendapat trophy The Farthest Vessel From Homeport, dan The Tallest Vessel in Tall Ship Race 2023 Lerwick.

Dalam perjalanan mengikuti The Tall Ship Races 2023, KRI Bima Suci yang dijuluki ’the Floating Ambassador’ juga melaksanakan kunjungan muhibah ke berbagai negara.  Antara lain Sri Lanka, Oman, Saudi Arabia, Mesir, Aljazair, Perancis, Inggris, Skotlandia, Belanda, Norwegia, Jerman, Tunisia, dan Spanyol.

Misi muhibah mancanegara yang memakan waktu selama 214 hari ini akan tiba di Tanah Air pada 2 November 2023.

"Merupakan suatu kebanggaan bagi Taruna Akademi Angkatan Laut Angkatan 70 sebagai Duta Bangsa Indonesia dan ikut melaksanakan Diplomasi Internasional untuk Indonesia serta mengenalkan budaya nusantara Indonesia kepada masyarakat dunia. Sambutan masyarakat Norwegia yang cukup ramah dan silaturahmi warga Indonesia yang berkunjung ke kapal memberikan kesan yang mendalam bagi seluruh kru," pungkas Komandan Sati Lubis. 

Selanjutnya, KRI Bima Suci menarik jangkar dan melanjutkan perjalanan ke Rostock, Jerman untuk perjalanan muhibah berikutnya.

 

Baca juga : Penggeledahan Di Kantor Basarnas Masih Berlangsung

 

 

 

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.