Dark/Light Mode

Semangat Kemerdekaan

PMI Antusias Ikuti Upacara HUT RI ke-78 Di KBRI Colombo

Sabtu, 19 Agustus 2023 19:10 WIB
Upacara peringatan HUT RI ke-78 yang berlangsung di halaman KBRI Colombo, Sri Lanka, Kamis (17/8). (Foto: Dok. KBRI Colombo)
Upacara peringatan HUT RI ke-78 yang berlangsung di halaman KBRI Colombo, Sri Lanka, Kamis (17/8). (Foto: Dok. KBRI Colombo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pekerja Migran Indonesia (PMI), yang bekerja di sektor konstruksi dan industri hospitaliti, mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-78 yang berlangsung di halaman KBRI Colombo, Sri Lanka, Kamis (17/8).

“Upacara juga dihadiri peserta lainnya, termasuk Masyarakat etnis Melayu, siswa sekolah menengah Sri Lanka, siswa seni tari, perwakilan Persahabatan Indonesia-Sri Lanka (SLIFA) dan para pemuka agama” ungkap Minister Counsellor KBRI Kolombo Heru Prayotno.

Duta Besar RI untuk Colombo, Dewi Gustina Tobing, mengajak seluruh masyarakat Indonesia di Sri Lanka untuk senantiasa semangat bekerja bagi bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera.

 

Dubes RI untuk Colombo Dewi Gustina Tobing saat  menyampaikan amanat di Upacara HUT ke-78 RI di halaman KBRI Colombo, Sri Langka, Kamis (17/8). (Foto: Dok. KBRI Colombo)

Baca juga : Gaungkan Persatuan, BNPT Hadiri Upacara HUT Ke-78 RI Di Berbagai Wilayah

 

"Sesuai tema peringatan HUT RI ke-78 ini “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju," ujar Dubes Dewi saat menyampaikan amanat di acara Upacara HUT RI ke-78.

Dubes Dewi juga berpesan agar masyarakat Indonesia di Sri Lanka dan Maladewa selalu menjaga persatuan, menjunjung tinggi NKRI dan menjalin komunikasi baik dengan KBRI maupun sesama warga masyarakat Indonesia di perantauan.

“KBRI akan senantiasa hadir dan berada di tengah masyarakat Indonesia yang membutuhkan” ucap Dubes Dewi dalam keterangannya, Sabtu (19/8).

Baca juga : Penumpang Kereta Api Antusias Ikuti Aneka Program Khusus HUT RI

Dubes Dewi juga mengimbau seluruh masyarakat Indonesia di Sri Lanka dan Maladewa untuk ikut mensukseskan Pemilu 2024 yang akan memilih wakil rakyat, Presiden dan Wakil Presiden.

Pada bagian lain amanatnya, Dubes Dewi menginformasikan mengenai berbagai capaian yang telah diraih Pemerintah Indonesia, utamanya di bidang ekonomi serta diplomasi dan kebijakan luar negeri, baik dalam kancah bilateral, regional maupun internasional. Termasuk dalam hubungan dengan Sri Lanka dan Maladewa serta Keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023.

Kegiatan upacara peringatan HUT RI ke-78, yang dipimpin oleh Mayor Laut Yopie Lutfian Arief, terdiri dari pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Brigadir Jenderal TNI Silvester Albert Tumbol, teks Pancasila oleh Dubes RI, Pembukaan UUD 1945 oleh Heru Prayitno dan pembacaan doa oleh Rasyid Mahmuddin.

Sebelum pelaksanaan kegiatan upacara, Dubes Dewi melakukan pengukuhan anggota Paskibra yang terdiri dari Zakat Siregar, Nisa Nurfitriyani dan Achmad Dita Setiawan.

Baca juga : Kenalkan Kebhinekaan, Puluhan Anak Di Bekasi Pake Baju Adat Apel HUT RI

Acara pengukuhan juga disaksikan delegasi Kementerian Pertahanan yang sedang mengikuti kegiatan Indo-Pacific Environmental Security Forum (IPESF) di Colombo, Ketua PPLN Colombo dan seluruh Staff KBRI Colombo.

“Kegiatan upacara peringatan HUT RI ke-78 ditutup dengan pemotongan nasi tumpeng dan foto bersama seluruh peserta upacara” pungkas Heru.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.