Dark/Light Mode

Mudik Setelah 15 Tahun Kabur Dari Thailand, Thaksin Siap Dipenjara

Rabu, 23 Agustus 2023 04:05 WIB
Thaksin Shinawatra melambaikan tangan ke arah para pendukungnya, di Bandara Don Mueang Bangkok, Thailand, Selasa, 22 Agustus 2023. (Foto Getty Images)
Thaksin Shinawatra melambaikan tangan ke arah para pendukungnya, di Bandara Don Mueang Bangkok, Thailand, Selasa, 22 Agustus 2023. (Foto Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Eks Perdana Menteri (PM) Thailand Thaksin Shinawatra akhirnya kembali menginjakkan kaki di tanah kelahirannya, setelah 15 tahun terakhir hidup di pengasingan. Merasa bahagia dan ingin menetap di Thailand, Thaksin mengaku siap menghadapi kasus hukum yang melilitnya.

Thaksin tiba di Thailand pada Selasa (22/8) pagi waktu setempat, di Bandara Don Mueang. Para pendukung setianya, massa berkaos merah, memadati bandara sejak dini hari.

Baca juga : Eks PM Thailand Thaksin Shinawatra Pulkam, Pendukung Rela Nginap Di Area Bandara

Sorak sorai massa berkaos merah membahana, saat sebuah pesawat jet pribadi mendarat pukul 09:00 pagi. Dari pesawat yang berangkat dari Singapura tersebut, Thaksin keluar mengenakan setelan jas bernuansa gelap. Dia melambaikan tangan pada pendukungnya yang sudah menanti sambil bernyanyi dan membentangkan spanduk selamat datang.

Saat memasuki lobi bandara, mantan pemilik klub sepak bola Manchester City ini tidak lupa mengalungkan kalung bunga ke foto Raja Rama Vajiralongkorn, sebagai tanda penghormatan. Dia mengaku senang bisa kembali ke negara asalnya.

Baca juga : Mak Ganjar Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Di Kota Mataram

Thaksin sudah lama melarikan diri dari berbagai dakwaan yang ditujukan padanya. Pada 2008, dia kabur ke luar negeri untuk menghindari dakwaan penyalahgunaan kekuasaan. Setelah mengkudetanya pada 2006, militer menuduhnya telah melakukan korupsi dan menghina keluarga kerajaan. Semua tuduhan tersebut dibantah Thaksin.

Kali ini, Thaksin mengaku siap menghadapi segala tuduhan yang dilemparkan kepadanya. Dia hanya berharap bisa pulang ke kampungnya dan bertemu keluarga besar serta cucu-cucunya.

Baca juga : Lawan Persija, Mihail Siap Ukir Sejarah

“Saya meminta diizinkan kembali ke tanah kelahiran saya dan kembali menghirup udara yang sama dengan saudara-saudara saya,” cuit Thaksin dalam akun media sosial X, sebelumnya Twitter.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.