Dark/Light Mode

Pasar Rakyat Di Brunei Dipadati 2.500 Pengunjung

Senin, 28 Agustus 2023 21:29 WIB
Ramainya suasana Pasar Rakyat di halaman KBRI Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, 26 Agustus 2023. (Foto Harian Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI Bandar Seri Begawan)
Ramainya suasana Pasar Rakyat di halaman KBRI Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, 26 Agustus 2023. (Foto Harian Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada banyak cara bagi warga Indonesia melepas rindu saat berada di luar negeri. Bagi warga Indonesia yang berada di Brunei Darussalam salah satunya adalah dengan mengunjungi Pasar Rakyat yang diselenggarakan KBRI Bandar Seri Begawan setiap tahun.

Tahun ini, sekitar 2.500 orang berbondong-bondong datang ke Pasar Rakyat yang berlangsung dua hari, pada 26-27 Agustus 2023, di halaman KBRI Bandar Seri Begawan.

“Pasar Rakyat ini sudah menjadi ajang rutin bagi warga Indonesia yang ada di Brunei untuk silaturahmi dengan teman dan kerabat, sekaligus untuk mengobati sedikit rasa rindu kampung halaman” ujar Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Brunei Darussalam, Dr Achmad Ubaedillah.

Baca juga : HUT RI Di London, Pesta Rakyat Dipadati 2.000 Pengunjung

Pasar Rakyat merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-78 RI di Brunei Darussalam. Sebanyak 51 stan dari berbagai UMKM yang dimiliki warga Indonesia di Brunei menjajakan berbagai produk khas Indonesia, mulai dari makanan, minuman, sampai dengan kerajinan dan kain. Terdapat pula berbagai stan jasa seperti layanan pengiriman uang, logistik, tiket perjalanan ke Indonesia, dan jasa pendidikan.

Dari dua hari pelaksanaan, tercatat pembukuan omzet lebih dari 40 ribu BND (Dolar Brunei) atau sekitar Rp 450 juta dan nilai transaksi remitansi senilai lebih dari 36 ribu BND atau sekitar Rp 41 juta.

Dua stan layanan yang juga dibanjiri pengunjung adalah stan BPJS Ketenagakerjaan dan PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri).

Baca juga : Tak Berdasar, Food Estate Disebut Proyek Kejahatan Lingkungan

PPLN KBRI Bandar Seri Begawan membuka kesempatan bagi WNI yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk memutakhirkan datanya. Pelaksanaan Pemilu tahun depan mendapat perhatian khusus dari Dubes Ubaedillah.

“Partai boleh beda, pendapat boleh tidak sama, tapi kita adalah sama-sama anak bangsa. Maka dari itu saya harap semua bisa menjaga ketertiban dan kebersamaan demi terlaksananya Pemilu yang sukses, tertib, dan serta menghormati peraturan negara Brunei Darussalam," kata Dubes Ubaedillah.

Sorak sorai kegembiraan juga mewarnai lomba khas tradisi bulan Agustus seperti tarik tambang dan lomba anak-anak.

Baca juga : Masalah Minyak Goreng, Pemerintah Diminta Beri Kepastian Hukum Ke Pengusaha

Untuk memeriahkan suasana, diadakan panggung gembira yang menampilkan tarian dan kesenian daerah, band lagu populer, karaoke, dan musik rakyat oleh kelompok masyarakat Indonesia di Brunei. Kegiatan ini diselingi podcast radio internal selama kegiatan dan pembagian doorprize hadiah-hadiah menarik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.